11 Makanan agar Awet Muda

By Saturday, November 21, 2009

Sehat tidaknya pola hidup kita, antara lain bisa dilihat dari makanan yang kita konsumsi. Dan inilah 11 bahan makanan yang menyehatkan dan membuat kita awet muda :

Bayam
Bayam mengandung glutathione, yang membantu tubuh memproduksi enzim kekebalan (glutathione oksidase). Enzim ini berfungsi sebagai antioksidan. Selain bayam, sayuran hijau yang lain juga bisa menghambat radikal bebas dan mengurangi resiko stroke, penyakit jantung, serta osteoporosis.

Tomat
Buah ini juga kaya akan beta karoten, vitamin A, vitamin C, serta lycopenes yaitu sejenis anti oksidan yang potensial merangsang sistem kekebalan serta mencegah timbulnya penyakit.

Pepaya
Buah ini mengandung mineral, vitamin C dan serat yang larut dalam air. Pepaya juga mengandung beta karoten yang menambah kekebalan tubuh.

Bawang Putih
Bawang putih mampu membangkitkan kerja berbagai macam anti oksidan. Selain itu, bawang putih juga efektif menurunkan kadar kolesterol dan tekanan darah.

Cabe
Cabe kaya akan vitamin C. Bahkan ada penelitian yang menyebutkan, kandungan vitamin C dalam cabe lebih banyak daripada yang ada di jeruk. Selain itu, capcaisin (yang membuat orang kepanasan saat kepedasan), merupakan anti oksidan yang berfungsi DNA saat melawan karsinogen (zat penyebab kanker). Selain itu, cabe bermanfaat sebagai obat pelega hidung tersumbat dan expectorant. Pereda batuk dan memperlancar keluarnya lendir dari tenggorokan.

Mangga
Buah ini juga kaya akan beta karoten, vitamin C, serat yang larut dalam air serta zat kimia tumbuhan yang bernama bioflavonoids. Fungsi zat ini adalah sebagai zat anti oksidan.

Tofu dan Kedelai
Tofu, kedelai segar dan susu kedelai terbukti bisa menurunkan resiko terkena penyakit jantung, meskipun dikonsumsi dalam jumlah biasa. Ada penelitian yang menyebutkan bahwa dengan mengkonsumsi kedelai secara teratur akan mengurangi resiko terkena kanker usus besar, kanker prostat dan gangguan perut.

Tempe
Tempe memiliki kandungan serat yang tinggi. Dan lebih sarat vitamin B dibanding tahu dan kacang kedelai, karena tempe dibuat melalui proses fermentasi ragi, sehingga kadar nitrogen pun bertambah.

Buncis
Buncis memiliki kandungan protein yang tinggi, karena termasuk dalam kacang-kacangan. Fungsi lain dari buncis adalah kandungan karbohidrat, beta karoten dan vitamin lainnya.

Pisang
Buah ini kaya akan vitamin C, beta karoten, magnesium dan potasium. Pisang juga mengandung serat dan selain itu berfungsi mencegah naik turunnya gula darah.

Jeruk
Jeruk merupakan sumber vitamin C. Selain itu seperti halnya mangga dan buah-buahan berwarna kuning lainnya jeruk juga kaya akan bioflavonoids. Sebaiknya jeruk dimakan segar, karena kandungan bioflavonoid yang tertinggi ada pada serat putihnya.(iner)

You Might Also Like

0 Comments

Pembaca yang budiman, kindly gimme apapun pendapat atau komentar kamu tentang artikel saya. Tulisan ini tanpa komentar kamu, kayak mahasiswa akhir tanpa skripsi. Ada yang kurang gitu, yak.

Terimakasih atas kunjungan dan segala apresiasinya. Selamat berkarya :)