Disleksia Bukan Penghalang Prestasi Mereka

By Wednesday, June 23, 2010

Beberapa hari yang lalu, saya melihat film India:mKipas:.Hehe, bukannya saya hobi atau apa, tapi kebetulan waktu itu kisahnya bagus banget. Waktu nonton aja saya sampai nangis segala:mSad:.

Film ini menceritakan tentang seorang anak yang menderita DISLEKSIA.
Ketidak tahuan orang tua si Anak (Ikhsan) membuat mereka terus menekan dan membanding-bandingkan dengan kakaknya yang kebetulan pintar. Ikhsan sudah 2 kali tidak naik kelas di kelas 3 dan dipertengahan tahun, Ayahnya (dengan bantuan koneksi) memindahkannya ke asrama. Intinya, di situ Ikhsan tertekan :mNo:banget hingga ia bertemu dengan seorang guru Kesenian yang sewaktu kecilnya juga mengalami hal serupa dengan Ikhsan. Dan guru inilah yang nantinya akan membimbing Ikhsan hingga sukses.


DISLEKSIA adalah sebuah kondisi ketidakmampuan belajar pada seseorang yang disebabkan oleh kesulitan pada orang tersebut dalam melakukan aktivitas membaca dan menulis.

Beberapa tanda-tandanya adalah

* Kesulitan mengasosiasikan (menghubungkan arti) suatu huruf dengan bunyinya
* Terbalik dengan huruf (dia jadi bia) atau kata (tik jadi kit)
* Kesulitan membaca kata tunggal
* Kesulitan mengeja kata tunggal
* Kesulitan mencatat huruf/kata dari papan tulis atau buku
* Kesulitan mengerti apa yang mereka dengar (auditory)
* Kesulitan mengatur tugas, material, dan waktu
* Kesulitan mengingat isi materi baru dan materi sejenisnya
* Kesulitan dengan tugas menulis
* Kesulitan pada kemampuan motorik halus (misalnya memegang alat tulis, mengancing baju)
* Tidak terkoordinasi
* Masalah perilaku dan/atau tidak suka membaca

Mungkin sebagian orang menganggap penderita disleksia tidak akan sukses. Tapi, tunggu dulu. Di bawah ini adalah beberapa orang yang berprestasi, walaupun mengalami disleksia.
:mKanta:

Albert Einstein
Seorang ilmuwan yang mengemukakan Teori Relativitas dikatakan menderita Disleksia. Tapi, ada juga yang mengatakan kalau dia Sindrom Aspeger (berhubungan dengan autisme).

Tom Cruise
(pemeran Ethan Hunt dalam Mission: Impossible)
Ia adalah aktor sukses di Hollywood dan pemenang tiga kali penghargaan Golden Globe Award.

Orlando Bloom
(pemeran Legolas dalam The Lord of The Rings)
Pemenang penghargaan, seperti dari Hollywood Festival Award, MTV Movie Awards, Empire Award, European Film Award dan Teen Choice Award.

Louis Barnett
Seorang pengusaha coklat yang sukses di Inggris. Dia harus meninggalkan bangku sekolah karena mengalami disleksia dan dispraksia.

Hem, dari empat contoh itu aja, mestinya kita harus lebih bersyukur pada keadaan kita dan jangan jadikan kekurangan kita sebagai penghalangan sukses kita. Jadi malu sendiri, nih, prestasiku gag segemilang tokoh-tokoh itu..:mSad:

:mGelak:=Jangan sia-siain hidup ini=:mGelak:


You Might Also Like

5 Comments

  1. uapik tenan hep..
    aQ akan menjadi pengunjung setia...
    hhohhohho...

    ReplyDelete
  2. film 3 idiot ya?

    postingan yg inspiratif,,,

    ReplyDelete
  3. wow....
    eh mau dunk filmnya 3 idiot tapi yg translatennya bhs indonesia pya gak? bair ku download hehehhe

    ReplyDelete
  4. @Helman::
    Yapp... "LIKE" Ur comment.. Hihi...

    @Anonymous::
    Ica saiang,,namamu kok gag dimunculin,,sih?? Hihi...

    @Siroel::
    Hhhe?? Iya,,ta??
    Kurang teu juga saia.. Tapi,kayaknya bukan,deuh,itu film India (*hoho*)

    @Cahya::
    Ei,,aq juga mau,,donk kalo' ada...

    ReplyDelete
  5. hmmm...cerita yang mengharukan...
    judulnya apa..??

    nice info..
    keep sharing...
    salam kenal...!!

    ReplyDelete

Pembaca yang budiman, kindly gimme apapun pendapat atau komentar kamu tentang artikel saya. Tulisan ini tanpa komentar kamu, kayak mahasiswa akhir tanpa skripsi. Ada yang kurang gitu, yak.

Terimakasih atas kunjungan dan segala apresiasinya. Selamat berkarya :)