4 Akibat Minum Berdiri

By Saturday, February 05, 2011

Beberapa waktu lalu, ketika saya sedang mencari artikel untuk tugas, saya menemukan artikel tentang alasan kenapa kita dilarang minum sambil berdiri itu. Berikut akibat-akibat karena minum sambil berdiri:

1. Disfungsi Pencernaan
Waktu kita duduk, aliran air yang baru saja kita minum, akan berjalan dengan perlahan di usus halus. Namun, bila kita minum dengan keadaan berdiri, tentu aja menyebabkan aliran air jatuh dan menabraknya dengan keras. Jika ini terjadi berulang-ulang dan dalam waktu yang lama, maka usus akan melar dan jatuh, akibatnya terjadi disfungsi pencernaan.

2. Tidak Berfungsinya Saraf
Apa yang kita rasain waktu kita dalam keadaan duduk? Pastinya, kita bakal ngerasa lebih rileks daripada saat kita berdiri, to….

Yap, betul sekali, dalam keadaan berdiri, kita dalam keadaan tegang. Ini tentu saja mengakibatkan organ keseimbangan dalam pusat saraf sedang bekerja dengan keras supaya mampu mempertahankan semua otot pada tubuhnya, sehingga bisa berdiri stabil dan sempurna. Kondisi ini akan membuat otot tidak tenang dan mengakibatkan adanya refleksi saraf. Refleksi ini dilakukan oleh reaksi saraf kelana (saraf otak kesepuluh) yang banyak tersebar di lapisan endotel yang mengelilingi usus.

Nah, jika refleksi ini terjadi secara keras dan tiba-tiba, bisa menyebabkan tidak berfungsinya saraf (vagal inhibition) yang parah, untuk menghantarkan detak mematikan bagi jantung, sehingga menyebabkan pingsan atau mati mendadak.

3. Luka pada Lambung
Dari pengamatan para dokter, 95% persen luka lambung terjadi di tempat-tempat yang biasa berbenturan dengan makanan atau minuman yang masuk. Alasannya, hampir serupa dengan no. 1, gitu….

4. Batu Ginjal
Air yang masuk dengan cara duduk akan disaring oleh sfringter. Sfringter adalah suatu struktur maskuler (berotot) yang bisa membuka (sehingga air kemih bisa lewat) dan menutup. Setiap air yang kita minum akan disalurkan pada pos-pos penyaringan yang berada di ginjal. Nah, jika kita minum sambil berdiri, air yang kita minum tanpa disaring lagi dan langsung menuju kandung kemih.

Ketika langsung menuju kandung kemih, maka terjadi pengendapan disalurkan ureter. Karena banyak limbah-limbah yang menyisa di ureter. Inilah yang bisa menyebabkan penyakit kristal ginjal. Salah satu penyakit ginjal yang berbahaya.

Haio, udah pada tau resiko-nya, kan…. Masih ada niatan buad njilat Ice Cream sambil ngliat obralan ato makan pentol sambil jalan? Hehe…. Itu semua terserah temen-temen semua, sihhttp://www.emocutez.com....



You Might Also Like

2 Comments

  1. Subhanallahh.... HMM ini tokh akibatnya....

    Thnks Ijin SHare yah Plend ,,,, heehehhe

    ReplyDelete
  2. Hehe..
    Ia, Neng.. Thx untuk kunjungannya, ea^^

    ReplyDelete

Pembaca yang budiman, kindly gimme apapun pendapat atau komentar kamu tentang artikel saya. Tulisan ini tanpa komentar kamu, kayak mahasiswa akhir tanpa skripsi. Ada yang kurang gitu, yak.

Terimakasih atas kunjungan dan segala apresiasinya. Selamat berkarya :)