Waspadai 12 Produk Kecantikan

By Monday, February 21, 2011

Sebagian besar kaum hawa memang bergantung dengan keberadaan dari produk kecantikan. Ya, benar saja, naluri para wanita adalah selalu ingin tampil menarik. Alasan mereka ingin tampil menarik beragam, mulai dari agar tubuh terlihat lebih terawat, lebih percaya diri, lebih sedap dipandang, bahkan bisa dijadikan ladang penghasilan. Tapi, hey, tunggu dulu! Tidak semua produk kecantikan aman sama kondisi tubuh kita, lo. Semua bahan kimia ada efek negatifnya juga. Liat aja daftar di bawah ini :)

No.
Produk
Kandungan Kimia Berbahaya
Resiko
1
SHAMPOO

sodium lauryl sulphate, tetrasodium, Coal tar1), Paraben, dan propylene glycol
iritasi kulit, alergi, kanker, dan kerusakan pada mata

2
HAIRSPRAY

octinoxate, isophthalates
iritasi mata, mengganggu keseimbangan hormon, perubahan struktur sel, Dermatitis Kontak Alergi, dan dermatitis kontak iritan

3
PRODUK PERAWATAN RAMBUT

Propylene Glycol2), Surfaktan kationik
Kelainan hati dan ginjal

4
EYESHADOW

polythylene thrphthalate
kemandulan, kanker, dan menggangu keseimbangan hormon

5
BLUSH ON

ethylparaben, methylparapen, prophylparaben

iritasi dan menggangu keseimbangan hormon

6
LIPSTIK

polymenthyl methacrylate
alergi dan kanker
7
PEMUTIH
merkuri, hidrokinon, asam retinoat, zat warna merah K3, zat warna merah K10 (rhodamin B) dan zat warna jingga K1.
perubahan warna kulit, malesma (flek kecokelatan yang susah hilang), alergi, kerusakan permanen pada susunan syaraf, gangguan ginjal dan gangguan perkembangan janin, kulit kering dan memerah, kanker, Dermatitis Kontak Iritan, Hipopigmentasi3)
8
ALAS BEDAK – FOUNDATION

polymenthyl methacrylate
menurunkan sistem imunitas, alergi, jerawat, dan kanker

9
DEODORANT

Alumunium Chlorhydraat4) (berfungsi sebagai ANTI-TRANSPIRANTEN (= anti keringat), paraben, dan isoprophyl myristate
iritasi kulit, sakit kepala dan masalah pernafasan, kanker payudara, alergi,
10
BODY LOTION

ethylparaben, methylparapen, prophylparaben, polyethylene glycol (yang juga bahan pada pembersih lantai)

iritasi kulit dan mengganggi keseimbangan hormon
11
PARFUM

benzaldehyde
kerusakan ginjal dan iritasi pada mata, tenggorokan dan mulut
12
PERWARNA KUKU – KUTEKS

phthlates
kemandulan dan masalah pada kehamilan

Keterangan:
  1. Berupa uraian dari aspal cair berwarna cokelat atau hitam. Konsentrat aspal cair yang aman adalah 0.5% sampai 5%. Bila lebih tinggi dapat menyebabkan kanker.
  2. Bentuk lain dari mineral oil yang biasa ditemukan pada produk perawatan wajah dan rambut. Dapat meningkatkan kadar air atau kelembapan di lapisan dermis. Kandungan yang melebihi ukuran bisa menimbulkan kelainan pada hati dan ginjal bila digunakan dalam jangka waktu tertentu.
  3. Hipopigmentasi ini tampak sebagai kulit yang warnanya lebih cerah dari kulit di sekitarnya, beberapa orang akan salah menduganya sebagai panu. Mekanisme terjadinya hipopigmentasi ini belum sepenuhnya diketahui. Namun diduga pemakaian kosmetik jangka panjang dapat mempengaruhi produksi melanosit oleh sel Melamin sehingga warna kulit menjadi tidak sama. Produk yang sering menyebabkan melesma? Lagi-lagi produk pemutih, terutama yang menggunakan hidrokuinon.
  4. Alumunium Chlorhydraat pada deodorant menyebabkan keringat dalam tubuh tidak dapat keluar secara maksimal, sehingga zat-zat racun yang harusnya dapat dikeluarkan melalui ketiak ( Bagian dari tubuh yang dapat mengeliminasi zat racun, yaitu bag. Belakang lutut, belakang kuping, diantara kaki dan ketiak) akan tertumpuk di kelenjar getah bening di bawah lengan. Dalam kurun waktu yang lama, penumpukan ini akan menyebabkan kanker payudara.
  5. Paraben: digunakan sebagai bahan anti bakteri dan pengawet pada pelembap, ditengarai dengan sebutan: methyl-, ethyl-, propyl- atau butyl. Bila Anda memiliki kulit yang sensitif, bisa menimbulkan reaksi.



Tidak semua produk kecantikan yang saya sebutkan mengandung bahan kimia di atas itu. Jadi, untuk amannya, kita kudu njaga diri dan lebih jeli ketika membeli produk kecantikan. Beberapa tips yang saya ‘comot’ (ciellaaa..) dari dokter kulit dan beberapa artikel mengenai kosmetika adalah:
  1. Jangan langsung kemakan iklan di tv. Inget, model iklan tuh emang dipilih yang perfect, bukan berarti mereka bisa perfect gara-gara pake produk itu.
  2. Jeli sebelum membeli. Periksalah apakah produk itu telah mendapat izin dari BPOM dan baca juga kandungannya. Penting untuk kita mengetahui (setidaknya ‘tahu’ bukan hafal :P ) mengenai kandungan kimia berbahaya.
  3. Gunakan tester terlebih dahulu. Cobalah produk terlebih dulu di kulit lengan bagian dalam karena sensitivitas kulit ini mirip dengan kulit wajah. Kalau udah cocok, baru, deh, beli produk itu.
  4. Pakailah produk sesuai jenis kulit karena setiap kulit berbeda perawatannya. Kalau perlu, tanyakan pada teman yang memilki kulit sama dengan kita tentang produk yang dia pakai.
  5. Tanyakan pula pada ahlinya. Jangan takut atau malas untuk pergi ke dokter bila ingin mencoba produk perawatan kulit, dokter akan memberi saran yang kita butuhkan.


http://www.emocutez.com

Okke, semoga keinginan kita untuk cantik bak Cinderella tidak membuat kita jadi Shrek Ahihihi... Selamat tampil cantiiiikkk.... 




You Might Also Like

2 Comments

  1. WOW.... aku ijin copas yah wat Fb ?? hehehe... Bagus2 artikelnya si Vibie sekarang ehhehe ....
    wajahnya themes juga baru hehheheeheh

    ReplyDelete
  2. Monggo, Monggo^^
    Thx udah berkunjung, ya..

    ReplyDelete

Pembaca yang budiman, kindly gimme apapun pendapat atau komentar kamu tentang artikel saya. Tulisan ini tanpa komentar kamu, kayak mahasiswa akhir tanpa skripsi. Ada yang kurang gitu, yak.

Terimakasih atas kunjungan dan segala apresiasinya. Selamat berkarya :)