10 Tips Cegah Bau Mulut

By Monday, August 01, 2011

Marhaban Ya Ramadhan, Kawan.....

Bulan Ramadhan telah tiba. Tentunya, kita harus bersiap-siap agar lebih siap menghadapinya. Yap, sebulan ini kita bakal ngejalanin kewajiban kita yaitu berpuasa. Tapi, tentu saja salah satu kendala yang sering bikin kita badmood adalah BAU MULUT.

Hayuuk, sharing tentang masalah number one ini, yuk
Apa, sih, penyebab Bau Mulut??http://www.emocutez.com

1.Bakteri
Bakteri yang berkembang biak di dalam mulut dapat menyebabkan bau mulut. Mikroorganisme ini bersembunyi di antara gigi dan menutupi lidah, setelah itu mereka akan berkembang biak dan mengeluarkan racun serta bau tak sedap.
2.Kriptus
Jauh di lubang amandel, terdapat kriptus, penyebab umum dari halitosis. Jika amandel terlalu lebar dan menggumpal, bau seperti keju akan berkumpul di lubang-lubang tersebut. Gumpalan ini terkadang bau, dan menyebabkan bau mulut tak sedap.
3.Makanan Berbau Tajam
Makanan yang berbau tajam seperti bawang merah, bawang putih, ataupun ikan dapat menyebabkan bau mulut, bahkan bau tersebut akan tetap ada berjam-jam setelah menggosok gigi.
4.Kebiasaan Buruk
Kebiasaan buruk seperti merokok (baik itu menghisap rokok, cerutu, atau pipa), mengunyah tembakau dapat meninggalkan rasa dan bau yang benar-benar buruk di mulut.
5.Masalah Perut
Kadang-kadang masalah seperti Gastroesophageal reflux disease (GERD) ataupun maag dapat menyebabkan bau mulut bila melepaskan gas dan bersendawa. Diet rendah karbohidrat juga dapat menyebabkan ketosis (pembakar lemak) yang ada di dalam tubuh menghasilkan bau naga.
Nah, gimana cara nge-hindarinya, tuh?? http://www.emocutez.com

1.Sikat gigi dan lidah secara teratur dan benar.
Sikat gigi dengan pasta gigi ber-fluoride dan sikat juga bagian belakang lidah.Menyikat lidah dapat menghilangkan bakteri yang dapat menyebabkan bau mulut. Dalam sebuh studi ditemukan bahwa dengan menyikat lidah, persepsi bau mulut terhadap para relawan penelitian tersebut dapat berkurang sebanyak 70%.
2.Floss sekali dalam sehari untuk mendapatkan nafas segar.
Flossing (membersihkan gigi dengan benang) wajib dilakukan, karena floss dapat mengeluarkan partikel-partikel makanan yang tersembunyi, menghilangkan plak (lapisan bakteri yang terbentuk di sekitar gigi).
3.Berkumur dengan peroksida untuk melawan halitosis.
Obat kumur antimikroba adalah hal yang penting jika memiliki masalah plak berlebih. Oksigen dalam hidrogen peroksida membunuh bakteri yang menyebabkan bau mulut.
4.Cek Sinus Anda
Sinus dapat menyebabkan bau mulut. Bau mulut seringkali merupakan suatu tanda dari infeksi sinus yang telah mendasarinya.
5.Makan Yogurt
Yogurt mengisi ulang bakteri baik di usus dan dapat menyehatkan mulut. Makanan lainnya adalah seledri dan peterseli yang memiliki sifat antibakteri dan antijamur.
6.Perbanyak Minum
Minumlah yang banyak saat sahur ataupun berbuka puasa untuk mencegah bau mulut yang dikarenakan mulut kering (xerostomia). Mulut kering atau berkurangnya air liur dapat disebabkan karena kurangnya cairan yang diminum, pernapasan dari mulut, ataupun karena obat-obatan seperti antihistamines. 
7.Hindari Rokok dan Alkohol
Dua benda ini berefek memperburuk status kebersihan mulut yang memicu terjadinya gingivitis dan periodontitis. Alkohol mengurangi produksi air liur yang akan memperparah bau mulut.
8. Perbanyak Konsumsi Buah
Perbanyak konsumsi buah-buahan pengusir bau mulut seperti apel, bengkuang dan wortel. 
9. Minumlah Teh hijau
Teh hijau mengandung bahan aktif catechin yang dapat menghilangkan plak, menurunkan kadar gula, dan membunuh bakteri penyebab bau mulut. Minumlah 2-5 cangkir teh hijau sehari.
10. Konsumsi Keju
Pilihlah keju yang rendah karbohidrat, tinggi kalsium dan mengandung fosfat, dapat memperkuat email gigi, meningkatkan produksi air liur dan mengurangi pertumbuhan karang gigi.

"Bau mulut itu bisa disebabkan faktor makanan dan merokok atau karena mulut seseorang mengalami kekeringan cairan saliva atau ludah," kata dokter spesialis gigi Siloam Hospital Surabaya, drg Diana Hanindio kepada detiksurabaya.com, Senin (1/8/2011), "dengan menggosok gigi dan berkumur dengan obat kumur belum mampu mengatasi bau mulut. Tapi yang terpenting banyaklah minum setelah berbuka dan pada saat sahur." 

Yak, demikian sekilas info dari #NengHepi. Punya tips lain mengenai Bau Mulut? Komentari artikel ini, yak http://www.emocutez.com



You Might Also Like

13 Comments

  1. Thanks tipsnya kak..kita kan juga lagi puasa, nih.

    ReplyDelete
  2. Seharian gak ngomong juga bikin mulut bau :p

    ReplyDelete
  3. wow tipsnya okrek bgt! nice posting.. salam kenal ..
    btw blognya imut nan lucu :))

    ReplyDelete
  4. duh jangan sampe deeeh kalo puasa bau mulut, niatnya dakwah eh tapi yang diceramahi malah nggak konsen gara2 bau mulut. hihihi..

    kalo cara2 itu masih aja nggak ilang bau mulutnya, kudu periksa ke dokter karena beberapa penyakit dalam salah satu indikasinya ya bau mulut ituu

    ReplyDelete
  5. sepertinya yg bisa saya praktekkan hanya 1, 5, 7 :3

    ReplyDelete
  6. @Android Hut:: Sama-sama, Mas :D
    Thx dah kunjung-kunjung, yak ^^

    @kakak ♥ syifa ♥ aulia ♥:: Sama-sama, dek :D
    Tetep smangad, yak ^^

    @Aliv:: Wah, iy, bener juga, tuh.. Hoho.. Tapi, ngomongnya jangan kebablasan juga :P

    @yulianzone:: Teng qyu, Mas ^^

    @pipit meong meong:: Hoho.. Senang bisa berbagi :D..
    Imut? Sama kayak pemiliknya, donk #narsis :P

    ReplyDelete
  7. sangat bermanfaat kak..
    tp klo minum banyak air nanti jadinya pipis terus dan cepat lapar dehh.. :a:

    ReplyDelete
  8. postingannya menarik,
    bagus untuk di coba :)

    ReplyDelete
  9. wow, xixixiixii... mantabbb

    ReplyDelete
  10. makasih infonyaaaaah...
    *nafasnya udah wangi
    haaaaah! wangi kan? :p

    ReplyDelete

Pembaca yang budiman, kindly gimme apapun pendapat atau komentar kamu tentang artikel saya. Tulisan ini tanpa komentar kamu, kayak mahasiswa akhir tanpa skripsi. Ada yang kurang gitu, yak.

Terimakasih atas kunjungan dan segala apresiasinya. Selamat berkarya :)