Waspadai Kanker Serviks

By Tuesday, September 06, 2011


Kanker serviks merupakan salah satu jenis kanker yang tiap tahunnya membunuh 270,000 wanita. Data dari kankerserviks.com menyebutkan pula bahwa tiap jamnya 1 wanita meniggal akibat mengidap penyakit 'pembunuh' no. 1 di Indonesia ini.



Apa Kanker Serviks itu?
Biasa dikenal pula dengan kanker leher rahim. Letak dari leher rahim (serviks) itu antara rahim (uterus) dengan liang senggama wanita (vagina).
Kanker ini 99,7%-nya disebabkan oleh human papilloma virus (HPV) onkogenik. Saat penderita terinfeksi penyakit ini, dampaknya tidak langsung dirasakan/tanpa gejala. Perjalanan dari infeksi HPV hingga menjadi kanker serviks memakan waktu yang cukup lama, yaitu sekitar 10 hingga 20 tahun.


Faktor 'Penunjang' Kanker Serviks

  • Faktor dari Dalam
Semakin tua seseorang atau berumur di atas 40 tahun, maka semakin rentan dia terkena penyakit ini. Tidak seperti penyakit kanker lainnya, kanker serviks tidak terlalu dipengaruhi oleh genetis. Namun, tidak ada salahnya bila kamu --memiliki keluarga yang pernah mengidap penyakit ini-- untuk tetap waspada.

  • Faktor dari Luar
1. Keputihan terlalu lama. Waspadalah bila keputihan kamu tidak berwarna bening, terasa gatal, dan berbau. Segera periksa ke dokter.
2. Pelaku "seksual-isme". Jangan menjadi cewek gampangan yang mudah saja memberikan virgin kamu ke lelaki mana aja. Ingat, kamu lebih rentan penyakit bila kamu sering gonta-ganti 'partner seks'. PMS yang sering dijumpai adalah: sifilis, gonore, herpes simpleks, HIV-AIDS, kutil kelamin, dan virus HPV. 
3. Pemakaian pembalut dengan dioksin/pemutih. Sering-seringlah sharing atau cari informasi tentang pembalut yang memakai pemutih. Ini bisa membantu kamu untuk terhindar dari resiko kanker serviks. 
4. Membasuh kemaluan dengan air kotor. Ingat, kebersihan sangat penting, lo. 
5. Perokok. Kamu demen banget ngerokok? Lebih baik segera hentikan. Karena peneliti bernama Joakam Dillner, M.D., mengatakan bahwa zat nikotin dan "racun" yang terdapat dalam rokok ataupun asapnya bisa meningkatkan terjadinya cervical neoplasia atau tumbuhnya sel abnormal pada rahim. Dengan kata lain, kondisi itu merupakan awal berkembangnya kanker serviks. 
6. Para penderita gizi buruk dan penggila "diet". Diet ketat untuk menjaga penampilan, okkelah. Tapi, plisss perhatikan juga kondisi tubuh dan asupan gizi kamu. Kamu tahu, rendahnya konsumsi vitamin A, C, dan E setiap hari bisa menyebabkan berkurangnya tingkat kekebalan pada tubuh, sehingga kamu mudah terinfeksi.


Gejala pada Kanker Serviks
Gejala ini dirasakan oleh penderita tahap lanjut. Gejalanya berupa:
  • munculnya rasa sakit dan perdarahan saat berhubungan intim (contact bleeding).
  • keputihan yang berlebihan dan tidak normal.
  • perdarahan di luar siklus menstruasi.
  • penurunan berat badan drastis.
  • Apabila kanker sudah menyebar ke panggul, maka pasien akan menderita keluhan nyeri punggung juga hambatan dalam berkemih, serta pembesaran ginjal.


Pencegahan Kanker Serviks, Adakah?
Tentu saja ada! Kamu bisa melakukan di bawah ini:
  • tidak berhubungan intim dengan pasangan yang berganti-ganti
  • rajin melakukan pap smear setiap dua tahun sekali bagi yang sudah aktif secara seksual
  • dan melakukan vaksinasi HPV bagi yang belum pernah melakukan kontak secara seksual
  • dan tentunya memelihara kesehatan tubuh

Gambar Kanker Serviks yang Lebih EXTRIM 
di bawah ini : SERVIKS NORMAL


di bawah ini : SERVIKS yang terkena virus HPV





di bawah ini: KANKER SERVIKS yang mencapai VAGINA







catatan:
Sekalipun kanker serviks dapat disembuhkan dengan operasi ataupun kemo, tetap tidak menjamin penderita sembuh 100%. Jadi, bukankah lebih baik mencegah daripada mengobati? ^___________^







source:
id.wikipedia.org
www.ingateros.com

You Might Also Like

11 Comments

  1. Innalillahi...liat gambarnya ngerii merinding iih..

    ReplyDelete
  2. waow, gambar oke sekali. menambah nafsu makan. buehehehehe.

    iya, saya setuju mencegah daripada mengobati... gue perokok, untung gue cowo. buehehehe, ga ngaruh maaasss!!!

    ReplyDelete
  3. Bravo , ide yang bagus dan segera

    ReplyDelete
  4. seremmmm >,< aku takut sama kanker ini makanya aku selalu higienis sebisa mungkin :D

    ReplyDelete
  5. seremmmm >,< aku takut sama kanker ini makanya aku selalu higienis sebisa mungkin :D

    ReplyDelete
  6. komplit nih. pas buanged buat cewe2. kudu hti2 ma harta karun utama nih. :D

    ReplyDelete
  7. Duh merinding abis! Masalahnya aku sering keputihan, tp bening sih. Bening atau putih ya? Ya gt deh antara 2 itu.

    Trus, aku gak tau pembalut yg aku pake ada pemutihnya atau gak. Duh gimana dong?Duh merinding abis! Masalahnya aku sering keputihan, tp bening sih. Bening atau putih ya? Ya gt deh antara 2 itu.

    Trus, aku gak tau pembalut yg aku pake ada pemutihnya atau gak. Duh gimana dong?

    ReplyDelete
  8. Setahu saya kanker jenis ini lebih menyerang kaum hawa ya di banding kaum pria
    Penyakit ini berbahaya kalau lama di diamkan
    Mampir balik ya ke blog saya

    ReplyDelete
  9. nice info
    sereem bnget naudzubillah jangan sampe kena deh kanker2an beginian :((

    ReplyDelete
  10. salam kenal dari doktergigiGALAU @MagaHaya!

    wah blok-nya ngebahas soal kesehatan wanita ya..teruskan kerja bagus ini ya..semoga makin tenar, jadi makin banyak wanita yang bisa terinformasikan mengenai seluk beluk kesehatan-nya..

    Salam MagaHaya! :D

    ReplyDelete

Pembaca yang budiman, kindly gimme apapun pendapat atau komentar kamu tentang artikel saya. Tulisan ini tanpa komentar kamu, kayak mahasiswa akhir tanpa skripsi. Ada yang kurang gitu, yak.

Terimakasih atas kunjungan dan segala apresiasinya. Selamat berkarya :)