Perkembangan CosPlay (Costume Play) Indonesia

By Thursday, January 26, 2012

Part 3-Pesona Jepang
Assalamu'alaykum. Pernah denger cosplay? Aku yakin, pasti pernah. Tapi, jujur aje, aku belum terlalu tahu tentang yang satu ini. Maklum, aku hanya tinggal di pelosok desa yang jauh dari perkembangan jama. Untung aja, desaku masih teraliri dengan internet #pamer :P.




Apa itu cosplay?

CosPlay (コスプレ) adalah gabungan dari 2 kata, yaitu "Costume" (kostum) and "Play" (bermain). Hobi ini banyak diminati oleh kalangan remaja otaku (pecinta anime) , manga, mahwa, dongeng, permainan video, penyanyi dan musisi idola, serta film kartun. Nah, bentuk kecintaan mereka terhadap tokoh-tokoh itu, mereka wujudkan dengan membuat kostum para tokoh itu hingga menyerupai aslinya. Oh, ya, biasanya para pengggila cosplay biasa disebut cosplayer

Sejarah amat singkat
Cosplay mulai marak sejak konvensi fiksi ilmiah (1960-an) di Amerika Serikat. Kala itu, peserta konvensi memakai kostum yang dikenakan di film-film fiksi ilmiah, seperti Star Trek. Hingga akhirnya tradisi penyelenggaraan konvensi fiksi ilmiah sampai ke Jepang tahun 1970-an dalam bentuk costume show/peragaan kostum. Di Jepang, peragaan "cosplay" pertama kali dilangsungkan tahun 1978 di Ashinoko, Prefektur Kanagawa dalam bentuk pesta topeng konvensi fiksi ilmiah Nihon SF Taikai ke-17. Kritikus fiksi ilmiah Mari Kotani menghadiri konvensi dengan mengenakan kostum seperti tokoh dalam gambar sampul cerita "A Fighting Man of Mars karya Edgar Rice Burroughs". (id.wikipedia.org)

Pembagian Cosplay
  1. Cosplay anime/manga. Cosplay yang berasal dari anime maupun manga. Biasanya manhwa termasuk didalamnya termasuk comic dari amerika.
  2. Cosplay Game. Cosplay yang berasal atau mengambil dari karakter di Game.
  3. Cosplay Tokusatsu. Cosplay yang berasal atau mengambil dari karakter di film tokusatsu.
  4. Cosplay Gothic. Cosplay yang berasal atau mengambil dari karakter bernuansa gelap atau Gothic. Biasanya digabung dengan Lolita.
  5. Cosplay Original. Cosplay yang benar-benar original tidak ada di anime, tokusatsu dan lainnya. Atau memiliki dasar yang sama seperti tokoh game Kingdom heart misalnya: Sora (Kingdom Heart) tetapi berbentuk metalic (modern)
  6. Harajuku Style. Beberapa cosplayer sering menduga Harajuku style adalah bagian dari cosplay. Beberapa Harajuku style muncul di manga/anime seperti Nana.


Kapan Cosplay masuk ke Indonesia?
Cosplay ini udah masuk ke Indonesia saat tahun 2000-an beberapa event seperti Gelar Jepang UI. Sayangnya, saat itu cosplay belum terlalu diminati. Kemudian, dari event-event itu, remaja Bandung memperkenalkan gaya Harajuku. Namun, masuknya cosplay ke daerah-daerah bisa dikatakan agak telat. Mungkin ini karena kendala media dan biaya, kali, ye. Jujur aja, di Probolinggo sendiri, cosplay ini jarang terekspos.


Perkembangan Cosplay di Indonesia gimana, nih?
Kalau menurutku -sebagai orang awam- para cosplayer Indonesia terbilang kreatif. Bayangin aja, deh, mereka bukan orang Jepang. Tapi, niat banget buat nyari info tentang cosplay Jepang, nyari bahan untuk bikin, dan ngeluarin uang yang pastinya lebih dari goceng.


♫ Di bawah ini adalah beberapa gambar Cosplayer  










Source: http://archive.kaskus.us/thread/2119387











Waw! Rupanya Cosplay adalah salah satu seni yang membutuhkan kreativitas tinggi. Hem, jadi bayangin serunya lomba cosplay di Jepang. Ahihihi.... Hayuuk, segera siapkan pasport dan berangkat ke sono #wuzzzz...


To Be Continued... 

You Might Also Like

8 Comments

  1. heoeeeee ak jg demen ke festival jepun trs popotoan ama cosplayers heuheu :3

    ReplyDelete
  2. hehe dibahas juga cosu disni. oh ia, tolong tautkan nya jangan sama saya dong hehe sama orangnya langsung,nih linkfbnya : http://www.facebook.com/ihsanfs1

    hehe namanya ihsan ^^

    ReplyDelete
  3. Ikutan bikin cosplay ah.. costum tarzan aja, buat convoi 17-an #fufu

    ReplyDelete
  4. wah gue jadi cosplay figuran aja deh, seperti orang-orang yang cuma lewat dan nggak penting di layar kaca..hehe :D

    ReplyDelete
  5. waaahhh cosplay naruto shippunden diindonesia udah blum yach,,,,????

    ReplyDelete
  6. waaahhh cosplay naruto shippunden diindonesia udah blum yach,,,,????

    ReplyDelete
  7. oooh .. bgono toh .. ane baru tau
    thanks udah share mbak,, lumayan nambah pengetahuan ane..
    komen pertama nih ..
    silaturahmi ya
    sekalian follbeck //
    www.yyireh.blogspot.com
    salam kenal
    EYSurbakti

    ReplyDelete
  8. humoris : wkwkwkwk lucu2 costum nya..
    seriuts : creative yach desainer2 nya.. :D

    kunjungan hangat.. kunjung balik ya. jangan lupa follownya.. :D

    ReplyDelete

Pembaca yang budiman, kindly gimme apapun pendapat atau komentar kamu tentang artikel saya. Tulisan ini tanpa komentar kamu, kayak mahasiswa akhir tanpa skripsi. Ada yang kurang gitu, yak.

Terimakasih atas kunjungan dan segala apresiasinya. Selamat berkarya :)