5 Boneka Jepang yang Unik

By Thursday, May 31, 2012

Part 10 - Jepang nan Imut

Assalamu'alaykum.
Kembali lagi dengan bahasan tentang Jepang. Aku selalu bersemangat ketika sedang menulis postingan tentang Jepang. Selain karena aku sangat bermimpi ingin ke Negeri Sakura itu, mencari bahan untuk postingan bisa menambah pengetahuanku ^___^

Well, di bawah ini aku ingin memberitahu boneka-boneka yang Jepang banget! Aku, sih, sukanya sama boneka Kokeshi. Pengen tahu 'penampakan' mereka? Check this out :).

1. Daruma/Dharma

Bagi kalian yang pernah membaca Doraemon, mungkin pernah tahu tentang boneka ini. Sedikit cerita, nih, ya. Nenek Nobita memberi Nobita boneka Daruma saat Nobita kecil menangis. Menurutnya, Nobita haruslah setegar boneka Daruma yang walaupun terjatuh berkali-kali dapat kembali berdiri

Nah, boneka Daruma punya badan agak bulat dengan mata putih, berkumis, dan berjambang. Matanya yang putih itu, biasanya diisi dengan warna hitam pada bagian kanan ketika kita mengharapkan sesuatu. Sedangkan, bola mata sebelah kiri kita isi ketika keinginan kita terkabul. Biasanya, harapan itu dibuat saat tahun baru.

2. Kokeshi
Boneka yang sudah terkenal sejak jaman Edo (1603-1867) ini memiliki bentuk badan yang silinder, kepala bulat, dan tidak punya kaki ataupun tangan. Dulu, boneka ini adalah cindera mata bagi para pengunjung pemandian air panas, tapi sekarang sudah bisa dibeli di Jepang tanpa kita harus ke pemandian air panas. Kokeshi modern biasa disebut shingata kokeshi, sedangkan yang tradisional disebut dento kokeshi.

3. Teru Teru Bozu
Pemilik nama keren ini berfungsi sebagai penangkal hujan.  "Teru" dalam bahasa jepang menggambarkan cahaya matahari, sedangkan "bozu" berarti biksu, mengarah ke kepala botak teru teru bozu.

4. Karakuri
Karakuri ini umumnya terdapat tiga tipe: Butai Karakuri (舞台からくり Karakuri Panggung) yang digunakan di teater/panggung. Zashiki Karakuri (座敷からくり tatami room karakuri?) yang kecil dan dimainkan dalam rumah. Dashi Karakuri  (山車からくり festival car karakuri?) yang digunakan dalam festival keagamaan, dimana boneka ini digunakan untuk menampilkan mitos atau legenda tradisional.

5. Hakata Ningyo
Boneka yang konon berasal dari daerah Hakata (sekarang Fukuoka) ini berasal dari tanah liat yang mulai mendunia sejak seniman asal Rokusaburō Shirouzu mulai mempelajari teori warna, proporsi manusia, dan teori serta teknik artistik modern Itusyo Yada, seorang pelukis cat minyak, yang akhirnya menjadikan pembuatan Hakata yang lebih realistis. Hakata juga mempunyai beberapa festival terkenal yaitu Hakata Gion Yamakasa, yang juga melibatkan pengapung Ningyo. (http://www.hikaruyuuki.com)

***

Lucu, kan? Aku suka Kokeshi karena kelihatan imut. Kalau kamu ^__________^? Semoga artikel ini bisa menambah wawasan kalian *termasuk aku tentunya*

You Might Also Like

11 Comments

  1. boneka teru teru lucuuu ;) paling suka liatnya... >w< kawaiii~

    ReplyDelete
  2. klo bongeka One Pieces ada ga,., :D

    ReplyDelete
  3. aku suka yang tero-tero bozo, ni berdasar pengalaman, dulu suamiku mendekati aku dengan nama samaran tero tero bozo

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lebih tepatnya teru teru bozu. Bukan tero tero bozo

      Delete
  4. sukanya ma yang Teru Teru Bozu! lucu deh..

    ReplyDelete
  5. Ko boneka doraemon ga ada mbak ?? hehehe . . .

    ReplyDelete
  6. Aku sukaaa yang boneka no 2 ^__^
    Salam kenal, Neng Hepiii... Mind to follow back yak ^_^

    ReplyDelete
  7. boneka yg Teru Teru Bozu lucu banget tp gk cocok buat di Afrika mah, masa masih mau nangkal hujan di sana :D

    ReplyDelete

Pembaca yang budiman, kindly gimme apapun pendapat atau komentar kamu tentang artikel saya. Tulisan ini tanpa komentar kamu, kayak mahasiswa akhir tanpa skripsi. Ada yang kurang gitu, yak.

Terimakasih atas kunjungan dan segala apresiasinya. Selamat berkarya :)