Tips Diet Sehat, Puasa Lancar

By Saturday, July 21, 2012

Assalamu'alaykum.
Sebelumnya, Happy ingin mengucapkan, "Selamat menjalankan ibadah puasa bagi yang menjalankan. Semoga ibadah kita mendapat rahmad dari-Nya dan kita menjadi lebih baik." 

Well, jika sebelumnya aku pernah menulis 10 Tips Mencegah Bau Mulut, kali ini aku ingin membagi menu diet sehat agar puasa lancar. Diet? Ya, beberapa orang mungkin memanfaatkan moment puasa sebagai sarana diet, termasuk aku tentunya ^o^. Di bawah ini adalah tips menu diet sehat selama puasa *semoga aku bisa menjalankannya :)*



Untuk Sahur
  • Golongan roti, sereal, nasi, pasta, biskuit, dan cracker yang dapat disantap 6-11 porsi per hari (untuk ukuran orang Barat). Bisa disesuaikan jumlahnya dalam ukuran orang lokal.
  • Golongan daging, kacang-kacangan, biji-bijian yang bisa dikonsumsi 2-3 porsi per hari.
  • Golongan susu dan produk buatannya dalam porsi secukupnya.
  • Golongan sayur-sayuran. Sup, kentang, wortel, daun bawang, dan sawi sangat baik dan mudah disiapkan. Untuk disimpan pun, lebih tahan lama.
  • Golongan buah. Pilih buah yang berserat tinggi dan banyak mengandung air, seperti apel dan mangga. Sangat baik untuk lambung.
  • Gula. Jika tidak suka gula biasa, ganti dengan gula berkalori rendah. Kebutuhan lemak dan minyak bisa diperoleh dari margarin, mentega, ataupun minyak sayur. Dianjurkan untuk memilih yang rendah lemak.

 Untuk Buka Puasa dan Makan Malam
Kebutuhan gula yang sangat sentral saat buka, akan lebih sehat jika diperoleh dari pemanis alami yang berasal dari kurma dan jus buah segar (tanpa gula-red). Sangat baik terutama dalam menjaga kadar gula darah dalam tubuh. Setelah itu Anda dianjurkan untuk melakukan kegiatan lain hingga perut terbiasa dan siap menerima makanan lebih berat.
Adapun makan malam bisa terdiri dari: daging dan kacang-kacangan, seperti daging ayam, nugget, ikan, atau daging sapi. Bisa dicampur dengan kacang polong, jamur, sayuran, kacang-kacangan, dan biji-bijian, sumber protein dan mineral yang baik untuk tubuh orang yang sedang berpuasa. Sehingga tenaga pun cepat tergantikan.
  • Roti dan sereal. Roti gandum tetap disarankan karena rendah kalori dan kaya serat. Nasi juga baik karena mengenyangkan dan membantu menyuplai karbohidrat atau sumber tenaga. Tapi jangan terlalu banyak, maksimal satu cangkir.
  • Susu dan produk olahannya. Susu dan mentega tanpa gula serta yoghurt sangat baik sebagai sumber protein dan kalsium. Selain itu juga membuat kita lebih segar saat berpuasa. Minum segelas saat makan dan sebelum imsak. 
  • Sayur. Buat salad yang dalam satu porsinya bisa berisi wortel, brokoli, kentang, jagung, mentimun, tambahkan dengan 2 sendok cuka dan minyak zaitun. Sayuran sangat baik karena mengandung vitamin A, karoten, likopen, dan zat antioksidan.
  • Buah-buahan. Satu atau 2 porsi jeruk dan buah lain. Makan buah sebagai camilan terakhir setelah makan besar, baik untuk lambung.

Hindari:
  • makanan berlemak dan digoreng.
  • makanan yang mengandung banyak gula.
  • terlalu banyak makan terutama saat sahur.
  • terlalu banyak teh saat sahur. Teh membuat kandungan mineral dalam tubuh keluar banyak lewat air kencing.
***

Semoga 1 bulan ke depan, ada perubahan bagi siapapun yang ingin memperbaiki pola makannya, termasuk bentuk badannya. Semoga diet ini membantu kita dalam pemilihan baju untuk hari lebaran. Happy fasting month :)





Ps: Selama bulan ramadhan, aku mungkin jarang mengulas tentang ramadhan karena ilmuku tentang Islam masih kurang. Takut ada kesalahan gitu :). Jadi, konten blog ini tetap seperti biasanya. Harap maklum :) 






Thank's to: www [dot] tabloidbintang [dot] com/gaya-hidup/kesehatan/14586-agar-pola-diet-tak-terganggu-saat-berpuasa [dot] html, stat [dot] kompasiana [dot] com/files/2010/08/ruhismfiblogspot [dot] jpg

You Might Also Like

14 Comments

  1. Hihi, semoga Kak Fibi bisa, ya! Kalo aku sih, nggak pengin diet sehat, Kak, akunya aja kurus :(

    Buat yang ingin menjalankan diet sehatnya semoga lancar.

    Komentar untuk P.S.nya : wah, sama dong. Aku juga sering takut kayak gitu. Tapi selama kita memang sudah benar-benar mengetahuinya dari Alquran (dan hadis), dari orang berilmu, sumber terpercaya, ndak apa. Artinya kalo sudah benar-benar betulnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe..
      Iya, Dek.. Klo blm terlalu paham agama, jadi takut salah juga, ya :)
      Doain dietku, Dek ^^

      Delete
  2. Ga baca semuanyaa ahhh -__- Toh aku dah dibilangin kurus sama yang lainnya. Hha terus buat apa diet lagi, kak. ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi..
      Enak, ya, udah kurus..
      Tukeran badan, donk >.<

      Delete
  3. Badan kurus kering kaya aku gini, mana mungkin diet..? Hehehe,... bisa tinggal tulang belulang aja dech. ^_^ Selamat menunaikan ibadah puasa ya, Neng.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha..
      Diet aja, Mas.. Biar kurus, yang penting hati gag ikutan kurus :P

      Slamat menunaikan ibadah puasa juga :)

      Delete
  4. iya dimaklum kok. hehe
    selamat berpuasa ya neng hepi :) makasih infonya loh..

    ReplyDelete
  5. baca postingan ini sambil ngelus elus perut. Bukan karena lapar, tapi makin membuncit hhh. Kalo diet tentu butuh telaten dan sabar. Sayangnya, kalo ada bau kuah bakso, saya seringkali nggak sabar hhh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi..
      Sama, nih, Om.. Perutku ini udah mulai buncit :'( akibat liburan 2 bulan lebih.. Huks..

      Delete
  6. wah hearder barunya bagus py .
    selamat puasa juga ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, makasih, Na :)

      Slamat puasa juga, Sist ^^

      Delete
  7. sepertinya patut gue coba hhe

    ReplyDelete
  8. yg terpenting adl berhenti makan sebelum kenyang

    ReplyDelete

Pembaca yang budiman, kindly gimme apapun pendapat atau komentar kamu tentang artikel saya. Tulisan ini tanpa komentar kamu, kayak mahasiswa akhir tanpa skripsi. Ada yang kurang gitu, yak.

Terimakasih atas kunjungan dan segala apresiasinya. Selamat berkarya :)