Nijikon Parah Nikahi Tokoh 2D

By Friday, September 21, 2012 ,

Part 14 - Nijikon Jepang

Assalamu'alaykum.
NijikonMungkin, diantara kalian pernah mendengar kata nijikon atau bahkan asing dengan kata itu. Sebenarnya, Nijikon itu apa, sih?

Nijikon merupakan semacam syndrom yang terjadi pada orang yang sangat tergila-gila (rasa cinta berlebihan) dengan wujud 2 dimensi berupa karakter anime, manga, ataupun video game. Di Jepang, Nijikon adalah salah satu slang yang  merupakan singkatan dari Nijigen kompurekkusu (kompleks 2 dimensi). Biasanya, nijikon ini dialami oleh para pria karena para wanita lebih menyukai drama yang banyak menampilkan aktor tampan daripada tokoh 2D/anime.

Otaku merupakan istilah untuk menyebut orang-orang yang betul-betul mendalami/hobi terhadap anime. Biasanya, para otaku yang terobsesi sekali dengan karakter anime, tidak menyebut diri mereka sebagai nijikon, melainkan Nijigen Otaku (Niji Ota/Otaku penggemar 2 dimensi). Namun, tidak semua otaku itu nijikon :).

Oh, ya, penderita nijikon parah, biasanya sampai jatuh cinta pada tokoh anime yang dia gandrungi, loh! Bahkan, mereka sampai memiliki minat seksual terhadap anime yang tidak nyata itu. Mau bukti?Yuk, lihat foto di bawah ini.


1. Pria Muda Nikahi Tokoh Game Love Plus
Love Plus adalah game online dating dari Nintendo DS yang cukup popular. Dari game ini pula,  tanggal 22 November 2009, seorang pria Jepang dengan username sal9000 melangsungkan pernikahannya dengan seorang anime wanita bernama Nene Anegasaki. Pernikahan ini dilangsungkan di Tokyo Institute of Technology pada saat acara make --sebuah acara kontak jodoh di Jepang-- dengan MC dan disiarkan langsung melalui video sharing website di Jepang yang bernama Nico Nico Douga. Setelah melakukan sumpah, sal mencium pengantinnya di depan ribuan penonton online.
2. Lee Jin-Gyu Nikahi Guling
Saat bermain di taman hiburan-
Dinner 'romantis' dengan Fate-
Kamar tidur Lee-
Lee Jin Gyu, pemuda Korea, menikahi darimakura, sebuah bantal besar yang menampilkan karakter anime favoritnya, Fate Testarossa. Fate Testarossa sendiri merupakan tokoh terkenal di Mahou Shoujo Lyrical Nanoha. Pada pernikahannya, dia menghiasai bantalnya dengan gaun pengantin dan berdiri di hadapan pendeta.

3. Pria-Pria ini Memacari Guling Mereka
NYT Magazine juga pernah mengulas tentang pria yang memacari guling anime.
***
Nah, di bawah ini adalah ciri-ciri seseorang mengalami nijikon 'parah':
  1. Mengaku-ngaku sebagai pasangan (suami/istri) dari karakter anime/manga yang disukainya.
  2. Mengubah nama aslinya dengan menghubungkan namanya dengan karakter anime/manga favoritnya atau mengubah namanya dengan nama berbau Jepang.
  3. Memasang foto karakter anime/manga favoritnya di situs-situs jejaringan sosial sebagai foto utama, biasanya ditambah embel-embel yang menyatakan kecintaannya terhadap karakter tersebut.
  4. Untuk membeli barang-barang yang berkaitan dengan karakter/manga favoritnya seorang penderita nijikon rela menghabiskan uangnya
  5. Menghabiskan waktunya untuk anime: menonton, membaca manga, atau game-game yang berkaitan dengan anime/manga favoritnya. 
  6. Cenderung kurang bersosialisasi di dunia nyata. Kalaupun bersosialisasi mungkkin hanya dengan sesama penggemar anime/manga saja, atau dengan orang-orang yang memiliki minat yang sama dengannya. 
  7. Biasanya belum memiliki pacar/pasangan dan tidak tertarik dengan manusia nyata.
  8. Sering melamun dan selalu beranggapan bahwa karakter favoritnya ada di dekatnya
  9. Merasa benci terhadap karakter lain yang dekat dengan karakter yang disukainya.

***
Jadi, apa ada diantara kalian yang mengalami syndrom ini secara parah? Semoga masih dalam tahap kewajaran, ya :). Oh, ya, ternyata, di Indonesia ada komunitas nijikon juga, lo. Bagi yang ingin bergabung untuk menambah informasi ataupun share, coba buka situs Indonesia Nijikon Community. Tapi, sayangnya, aku tidak terlalu tahu isinya, soalnya diharuskan register untuk tahu lebih dalam :'(. Huhu...

You Might Also Like

10 Comments

  1. hahahaaaa....
    gila banget! emang bahaya ya kalo terlalu cinta ma sesuatu.. :)

    ReplyDelete
  2. gua juga sering ngaku-ngaku char anime / manga / game sebagai istri. Bukan ngaku-ngaku sih, tapi mereka MEMANG istru gua /fckyeah
    Meski rada nijikon, tapi klo sampe nikah sama benda mati mah gua ogah

    ReplyDelete
  3. waw ternyata syndrom kayak gitu ada ya kak? ane jadi takut kalo gini ..... fuhhh

    ReplyDelete
  4. wadduh.. aku termasuk nijikon gag ya? soalnya aku juga sering gag suka kalo ada temenku yg suka juga sama Shinichi. hehe

    ReplyDelete
  5. Gak ada kerjaan orang2 itu, gw rasa pnya kelainan, gak mngkin enggak.. :D

    ReplyDelete
  6. wah ngeri juga ya mbak...
    tadi pengen ketawa pas baca, tplama2 jd merinding hiks gatau kenapa :o

    ReplyDelete
  7. banyak banget orang gila yak, tapi iya udahlah, mungkin proses pendewasaanya memang harus kek gitu kali... #hahah

    ReplyDelete
  8. mungkin pada belum dewasa kali yak....

    ReplyDelete
  9. Wah kayaknya gw Nijikon nih

    ReplyDelete
  10. Main sama guling. . !!!?? WTF!!!!!!!

    ReplyDelete

Pembaca yang budiman, kindly gimme apapun pendapat atau komentar kamu tentang artikel saya. Tulisan ini tanpa komentar kamu, kayak mahasiswa akhir tanpa skripsi. Ada yang kurang gitu, yak.

Terimakasih atas kunjungan dan segala apresiasinya. Selamat berkarya :)