LKMM TD: Dedikasi untuk PENS

By Monday, April 01, 2013

Beberapa hari yang lalu, tepatnya tanggal 28 Maret - 31 Maret 2013, saya dan 86 mahasiswa PENS berkesempatan mengikuti LKMM TD. Tema yang diambil pada LKMM TD ini adalah Bersinergi Demi Terwujudunya Dedikasi untuk PENS. Pelatihan ini dilaksanakan di kampus PENS dengan jadwal yang berbeda-beda tiap harinya. Hari Jum'at : 16.00 - 22.00, Sabtu : 06.30 - 23.00, Minggu : 06.30 - 00.30 .

Latihan Keterampilan Manajemen Mahasiswa Tingkat Dasar atau yang lebih sering disingkat LKMM TD merupakan pelatihan mahasiswa dengan tujuan melatih dalam manajemen suatu kegiatan. Di sini, kami dibagi dalam 7 kelompok dan kelas berbeda agar pemberian materi lebih mudah diberikan. Saya dan 13 teman saya tergabung dalam kelompok 1 dengan nama kelompok : Azimuth (Arek Ziji Imuth Imuth).

Portabel (Peserta Forkom TD 2013): Nama forkom LKMM TD 2013.
Apa sih yang dipelajari di LKMM TD?

Sebelum mengikuti LKMM tersebut, saya seringkali menanyakan pertanyaan itu pada kakak kelas dan jawaban mereka singkat saja: "Belajar manajemen kegiatan, dek." Ya, sebenernya intinya seperti itu, tapi yang dipelajari lebih luas dan sangat bermanfaat.

Konsep pembelajaran dalam LKMM ini adalah learning by doing atau belajar dengan cara melakukan simulasi langsung. Pada materi hari pertama, kita diajak "bermain" dengan pembuatan konsep acara, bagaimana memunculkan ide, pemecahan masalah, dan lain-lain. Sedangkan, pada hari kedua, materi tersebut lebih berkembang dan pada hari ketiga, pembahasan lebih ke pembuatan laporan tertulis dan cara menyampaikan sebuah gagasan.

Di LKMM ini, setelah pemandu memberikan materi, kami diajak untuk bersimulasi di mana anggota kelompok dibagi menjadi kelompok kecil untuk mempraktekkan materi yang telah diberikan. Misal saja, ketika materi Analisa Kondisi Lingkungan (AKL). Kami diajak untuk membuat sebuah gagasan dengan mempertimbangkan kondisi lingkungan sekitar, kepanitiaan, peserta, dan lain-lain. Dari simulasi tersebut, diharapkan peserta lebih cepat menyerap materi dan mempraktekkannya.

Setiap pelatihan selesai dijalani, peserta diberi tugas untuk memegang beberapa kegiatan yang akan dilaksanakan di PENS. Kami menyebutnya KPP atau Kegiatan Pasca Pelatihan. KPP ini bertujuan agar peserta mampu mempraktekkan materi yang didapatkan dengan langsung berkontribusi dan terjun ke lapangan. Ini juga berhubungan dengan peran fungsi mahasiswa sebagai agent of change :)




Untuk Tuhan, Bangsa, dan Almamater
Politeknik... Joss !

You Might Also Like

2 Comments

Pembaca yang budiman, kindly gimme apapun pendapat atau komentar kamu tentang artikel saya. Tulisan ini tanpa komentar kamu, kayak mahasiswa akhir tanpa skripsi. Ada yang kurang gitu, yak.

Terimakasih atas kunjungan dan segala apresiasinya. Selamat berkarya :)