JANAKA : Komunitas Jepang Baru di PENS

By Monday, February 10, 2014 ,

Japanese Nakama atau disingkat Janaka adalah komunitas Jepang yang didirikan pada tanggal 11 September 2013 di Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS). Janaka memiliki 4 divisi, yaitu anime/manga/cosplay; dorama/movie; budaya/bahasa; dan musik.

Sebagai komunitas baru, Janaka ini pernah mengadakan acara di lingkungan kampus pada tanggal 14 November 2013 silam. Jika dilihat dari pemberitaan mengenai komunitas ini di website resmi PENS, ada peningkatan jumlah anggota di jejaring sosial. Pada berita tersebut, bulan November, komunitas ini terdiri dari 118 anggota dan ketika artikel ini dibuat, anggota telah mencapai 137.
Janaka-PENS
Sebagaian anggota Janaka. Dokumen Janaka (sumber)
Masih dari sumber yang sama, beberapa pecinta Jepang di PENS telah membicarakan untuk membentuk group ini sejak dua tahun lalu. Ketika awal gathering, saya pun sempat menghadiri dan sempat mendaftar juga. Tapi, karena beberapa gathering selanjutnya selalu berbenturan dengan agenda lain, saya menjadi anggota bayangan :"(. Artinya, saya tetap mendapat broadcast untuk berkumpul, tapi saya tak pernah datang. Jahat, ya :3.

Kembali ke topik, group facebook Janaka selalu ramai dengan informasi mengenai dunia seputar Jepang. Mulai dari event di luar kampus, manga, atau sekedar saling sapa. Satu hal yang saya suka dari group ini adalah mayoritas anggota memiliki persaudaraan yang tinggi. Tidak ada yang namanya 'pendiri Janaka' atau hal semacamnya, semuanya saudara. Mungkin, group ini adalah pelarian mereka setelah mengerjakan laporan seharian, kali ya - -"
event-Jepang-janaka-PENS
Salah satu kegiatan Janaka. Dokumen PENS. (sumber)
“Kami memang tidak membatasi anggota, apabila ada yang tertarik untuk bergabung kami persilahkan langsung datang dalam kegiatannya. Bisa berbagi hobi dan kesenangan yang sama itu sangat menyenangkan,” ujar Alif Hamka, salah satu anggota Janaka ketika diwawancarai oleh ENT (tim jurnalis PENS).

Beberapa teman sekelas juga banyak yang menjadi anggota Janaka. Sebenarnya, ingin gabung lagi, sih, tapi bingung mau masuk divisi apaan - -". Saat ini, menurut info salah satu teman saya, Janaka diketuai oleh saudara Luhung.

Jadi, apapaun kegemaranmu, temukan kekuatan besar agar dapat berprestasi melalui kegemaranmu :). Selamat berkarya!

----------------------------------------------------

Berbicara soal lain, seberapa sering Anda memeriksa broken link di blog? Nah, tadi pagi, saya mencoba untuk cek broken link dari website http://brokenlinkcheck.com/ . Ternyata, ada 58 broken link yang terdapat ada di blog ini -____-"

brokenlinkcheck.com | nenghepi

You Might Also Like

4 Comments

  1. Seru sepertinya. Semoga sukses kegiatannya... :)

    ReplyDelete
  2. Mantap nih komunitasnya. Semoga lancar segala kegiatannya.
    Baca posting ini, saya jadi ingat novel jepang berjudul Musashi. Novel yg luar biasa menarik isinya. Pernah baca novel ini mba?
    Salam persahabatan dari saya di Bekasi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amiin, mas :)
      Musashi? Belum, mas, saya lebih senang baca komik :D
      Salam persahabatan pula dari Surabaya :)

      Delete

Pembaca yang budiman, kindly gimme apapun pendapat atau komentar kamu tentang artikel saya. Tulisan ini tanpa komentar kamu, kayak mahasiswa akhir tanpa skripsi. Ada yang kurang gitu, yak.

Terimakasih atas kunjungan dan segala apresiasinya. Selamat berkarya :)