1CAK.com Vs 9GAG.com : Pilih Mana?

By Tuesday, August 05, 2014 ,

Pernahkah melihat sebuah funny picture creator atau situs yang menampilkan gambar-gambar dengan tambahan ekspresi muka yang menggelikan? Jika Anda merasa seorang yang humoris, ada baiknya Anda menjadi member dan berkarya di bidang ini.

Ada dua situs funny picture creator yang sering saya kunjungi belakangan ini. Dua situs tersebut adalah 1cak.com dan 9gag.com. Mereka secara konsisten berkembang dengan mengandalkan editan gambar yang lucu, menyentil, sindiran, atau terkadang merupakan cerita dari pembuatnya. Di dua situs ini pula, dikenal pemakaian istilah rage - meme comic.

Apa itu Rage - Meme Comic?
Menurut kaskus.co.id :
Meme (biasa dibaca mim) adalah neologi yang dikenal sebagai karakter dari budaya, yang termasuk di dalamnya yaitu gagasan, perasaan, ataupun perilaku (tindakan). Berikut merupakan contoh meme: gagasan, ide, teori, penerapan, kebiasaan, lagu, tarian dan suasana hati. Meme dapat bereplikasi dengan sendirinya (dalam bentuk peniruan) dan membentuk suatu budaya.

Rage comic adalah web comic yang menggunakan karakter-karakter yang dibuat hanya dengan menggunakan MS Paint, komik ini pertama kali muncul pada website 4Chan. Rage Comic kadang juga disebut komik tumblr/tumblr comics.
1cak vs 9gag
Rage comic (source : iheartshiena.blogspot.com)
Menurut saya, pembuatannya pun hampir sama dengan kegiatan blogging yang mengandalkan faktor tulisan dan image/ilustrasi. Perbedaan mendasarnya adalah pada faktor mana yang lebih menonjol. Jika blogging adalah 80% tulisan : 20% ilustrasi, maka di dua situs tersebut sebaliknya. Jadi, tenanglah, ketika Anda memiliki soft skill dan aktif mengasah kemampuan diri, maka akan banyak lahan yang dapat menampung kreasi Anda :).

1CAK Vs 9GAG
1cak vs 9gag
Logo 1CAK (kiri) dan 9GAG

Sejarah singkat

9GAG dibuat tahun 2008 oleh Ray Chan, Chris Chan, Marco Fung, Brian Yu, dan Derek Chan. Situs yang berbasis di Hongkong ini hadir dengan slogan Why So Serious?.

1CAK didirikan oleh Aji Ramadhan, pada 17 Februari 2012, dengan nama awal 1CUK (wancuk). Namun, mengalami pergantian nama menjadi 1CAK (wancak) pada 30 September 2012. Pergantian nama ini dilakukan karena adanya kemiripan penyebutan antara wancuk dengan jancuk (ungkapan kasar dalam bahasa Jawa). Situs ini memiliki solgan For Fun Only! dan, menurut wikipedia, memang terinspirasi dari 9GAG.

Kemiripan penamaan situs
Keduanya memiliki karakter penamaan situs yang hampir sama. Terlihat, kan, dua situs tersebut memiliki empat karakter, dengan satu karakter depan berupa angka dan lainnya berupa huruf. Bagi saya (yang awam dengan dunia internet), penamaannya secara sekilas 1CAK ini seakan meniru dengan 9GAG.

Dari sisi penamaan, sebenarnya saya senang dengan penggunaan nama 1CAK ini. Terkesan Suroboyo-an dan ini menggambarkan jelas bahwa situs ini made in Indonesia banget. Namun, yang saya sedikit kurang setuju dengan pemberian slogan pada situs 1CAK ini. Mungkin, jika lebih Indonesia, akan lebih greget saja rasanya :). Hehe.

Kemiripan konten
Walaupun di wikipedia.co.id 1CAK menuliskan bahwa memiliki konten yang tidak persis dengan 9GAG, saya masih menganggap bahwa kedua situs ini hampir sama persis. Saya rasa, yang membuat konten mereka berbeda adalah dari segi bahasa dan tokoh meme yang digunakan. Mungkin, saya saja yang kurang jeli menemukan perbedaannya, sehingga merasa kedua konten ini memang terbilang serupa :). Hehe...

Perbandingan laman yang disajikan
Gambar di atas tersebut, menampilkan perbandingan antara laman yang disajikan oleh kedua situs tersebut. Jika pada 1CAK istilah gambar yang sering diakses adalah Legend, di 9GAG istilahnya adalah Hot. Selain itu, di 1CAK ada tombol Fun dan Nuf, sedangkan di 9GAG ada tombol panah ke atas dan ke bawah, yang merupakan tombol penilaian. Tolong dikoreksi jika salah :)
1cak vs 9gag
Tampilan posting meme ala 1CAK (dari akun : yahya98)
1cak vs 9gag
Tampilan posting meme ala 9gag

Perbedaan keunikan
???

Jujur saja, saya belum terlalu menemukan perbedaan keunikan dari keduanya. Hampir serupa, namun dengan bahasa yang terkadang berbeda. Di 9GAG mayoritas full bahasa Inggris, secara situs internasional. Kalau di 1CAK mayoritas berbahasa Indonesia, walaupun banyak pula yang diselipi bahasa Inggris. Tapi, jika beberapa kali mengunjunginya, pasti akan terasa perbedaan antara kedua situs ini. Menurut saya, 1CAK ini terkesan lebih humoris, sedangkan 9GAG lebih ke sains atau teknologi dan kurang humoris :). Terbukti, kan, pada umur yang sama, penampakan wajah orang Indonesia masih terlihat jauh lebih muda jika dibandingkan dengan orang barat  ^ ^.

1CAK menghadirkan (katanya) tokoh meme yang berasal dari artis dalam negeri, jadi tidak sepenuhnya mirip dengan 9GAG. Selain itu, yang membuat saya salut dengan 1CAK, mereka masih menggunakan unsur Jowo-isme dalam nama situsnya. Ya, kalau dipikir-pikir lagi, 9GAG 'kan tidak ada unsur-unsur ke-Hongkong-annya. Tetap saja, bagaimanapun alasannya, 1CAK masih unggul di hati saya karena dibuat oleh tangan-tangan kreatif pemuda Indonesia asli :D.

Sebenarnya, ada banyak situs yang menampilkan seperti ini. Tapi, saya lebih menyoroti kedua situs ini karena mereka lebih sering ter-publish oleh teman-teman saya di facebook :).

Meme yang sedang legend di 1cak. Diakses 5 Agustus 2014 (dari akun : jerukbali)
Lihat, masih banyak potensi kreatif dari tangan-tangan pemuda Indonesia. Masih ingin bilang kalau kita kalah kreatif dari negara lain? :)

Ini pilihan saya, pilihanmu yang mana :)?

***


Reference :

You Might Also Like

11 Comments

  1. saya pernah pernah melihat sesekali karya 1cak.com memang sangat menyentil banget :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, mas, kadang memang sangat menyentil X)

      Delete
  2. Bukannya gak suka 1cak apa gimana
    bagus sih... cuma terkadang kurang lucu aja rasanya

    dan jujur, lebih suka 9gag.
    bikin ketawa sampe nangis nangis

    X))))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe. Kan 1cak baru berdiri, Aul, jadi membernya belum sebanding dengan 9gag :D. Maklumin dulu ^ ^

      Delete
    2. cintailah produk produk indonesia haha

      Delete
  3. wah, sebelumnya gak pernah membandingkan antara keduanya, yang penting dibaca aja dan dibuat fun. ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe. benar, dek, dua situs itu bisa buat penghilang stress :D

      Delete
  4. gue lebih suka 1cak kakak :) cie wancakers kamunya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe. Penggemar wancak, tapi bukan wancakers sejati, mah :3

      Delete
  5. sama2!! ga pernah bandingin sih,tapi kesemuanya lucu dan bikin ngakak ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe. bener mbak :D. Secara emang butuh hiburan buat ngrefresh setelah seharian bw XP

      Delete

Pembaca yang budiman, kindly gimme apapun pendapat atau komentar kamu tentang artikel saya. Tulisan ini tanpa komentar kamu, kayak mahasiswa akhir tanpa skripsi. Ada yang kurang gitu, yak.

Terimakasih atas kunjungan dan segala apresiasinya. Selamat berkarya :)