Nuclear Youth Summit 2014 #1stDay

By Thursday, November 27, 2014 ,

Nuclear Youth Summit (NYS) 2014 memang sudah berakhir, tapi rasanya masih baru saja saya mengikuti kegiatan tersebut. Jujur, karena ini pengalaman saya melancong dengan tujuan konferensi, kenangan tersebut masih sangat berkesan.

NYS 2014 dilaksanakan oleh BATAN dan Komun di Hotel Royal Kuningan Jakarta Selatan, pada tanggal 22-25 November 2014. Kegiatan ini, secara umum bertujuan untuk memperkenalkan teknologi nuklir ke masyarakat umum. Pesertanya berasal dari Indonesia, Malaysia, Filipina, Australia, Vietnam, Thailand, dan Bangladesh. Dari Indonesia sendiri, sekitar 120 peserta. Sedangkan dari negara lain, mendelegasikan sekitar 3-5 orang.

Logo NYS 2014 | nenghepi
Logo NYS 2014

#NYS 2014, I'm Coming : 21 November 2014

Saya dan ketujuh teman berangkat ke Jakarta dengan kereta malam dengan keberangkatan Stasiun Pasar Turi (Surabaya) dan turun di Pasar Senen (Jakarta). Berangkat sekitar jam 19.00 WIB dengan berbagai macam alasan yang membuat keberangkatan molor -____-" . Untunglah, kami masih bisa tepat waktu sampai stasiun tujuan kami.

Senangnya berangkat dengan kereta api karena tidak terasa kemacetan. Jangan kira kami memesan kereta api kelas atas, ya, kami hanya memesan kereta api ekonomi dengan harga tiket Rp 50.000,00. Syukurlah, fasilitas kereta api ekonomi sekarang lumayan memuaskan. AC dan tanpa asap rokok, yah, walaupun kamar mandi tetap terasa agak pesing :p.

Perjalanan Surabaya-Jakarta memakan waktu cukup panjang. Bayangkan, kami baru datang di Jakarta sekitar jam 08.00 WIB dan belum menuju ke Hotel Royal Kuningan. Sebenarnya, ini membuat saya sedikit gupuh, mengingat waktu registrasi sebenarnya sudah terlewat (registrasi dimulai pukul 08.30 WIB). Sesampainya di stasiun Pasar Senen, kami mencari kopaja dengan harga tiket Rp 4.000,00 dan tujuan depan Hotel Royal Kuningan, Jakarta Selatan.

#1st Day NYS 2014: 22 November 2014

Sesampainya di Hotel Royal Kuningan, kami langsung disambut dengan Kak Fahrunnisa, LO Group A (group saya dan mas Fahmi). Serasa kami adalah peserta yang paling terlambat. Tanpa pikir panjang, kami langsung bergegas ke kamar mandi dan mengganti pakaian kami. Jujur, benar-benar tidak enak mengikuti konferensi dengan kondisi tidak mandi -___-"

Hari pertama ini, diisi dengan grand opening, kuliah tamu, dan konferensi. Semua pembicara menggunakan bahasa Inggris sebagai bentuk penghormatan kepada delegasi dari negara lain. Bagi yang kurang jago berbahasa Inggris, seperti saya, cukup terbantulah dengan adanya slide presentation yang selalu ditampilkan ketika penyampaian materi. Pada sesi ini, peserta diharuskan menggunakan atasan sesuai dengan group-nya. Misal, saya adalah anggota group A, maka saya menggunakan pakaian ungu.

Grand Opening - Paduan suara memimpin lagu Indonesia Raya | nys2014
Grand Opening - Paduan suara memimpin lagu Indonesia Raya (doc. panitia)
Grand Opening - Para peserta menyanyikan lagu Indonesia Raya (doc. panitia)
Grand Opening - Para peserta menyanyikan lagu Indonesia Raya (doc. panitia)
Group A NYS 2014
Group A NYS 2014 (doc. Didit)
Pada malam harinya, ada acara gala dinner yang mengharuskan peserta untuk mengenakan identitas daerah. Identitas ini tidak harus full, bisa berupa pakaian, selendang, atau blangkon. Beberapa peserta tampak menggunakan batik khas dan ada pula yang beneran niat menggunakan pakaian khas. Saya sendiri hanya menggunakan long dress dengan songket biru. Hehe.

Di gala dinner ini, peserta baik dari Indonesia maupun dari negara lain dipersilakan menampilkan kesenian daerah. Dari Indonesia, kawan saya, misalnya, Goffar menampilkan nyanyian daerah (tampaknya) Betawi. Sedangkan dari negara lain, tampak lebih charming dengan penampilan yang memang belum pernah saya lihat sebelumnya. Pakaian adat merekapun tampak unik, mungkin karena saya baru pertama kali lihat, kali ya. Tapi, jujur saja, pakaian adat Indonesia gak kalah cantik :D


Penampilan dari peserta Indonesia (Gopar) | nys2014
Penampilan dari peserta Indonesia, Gopar (doc. panitia)
Penampilan dari peserta Vietnam | nys2014
Penampilan dari peserta Vietnam (doc. panitia)
Penampilan dari peserta Thailand | nys2014
Penampilan dari peserta Thailad (doc. panitia)
Penampilan dari peserta Malaysia | nys2014
Penampilan dari peserta Malaysia (doc. panitia)
Penampilan dari peserta Filipina | nys2014
Penampilan dari peserta Filipina (doc. panitia)

Acara berakhir sekitar pukul 21.30 WIB dan seluruh peserta diarahkan untuk menuju kamar masing-masing. Saya sekamar dengan Kadek Diana, mahasiswa UNPAD, jurusan Jurnalistik angkatan 2014 . Dia berasal dari Bali dan tentu saja beragama Hindu. Malam pertama saya bersamanya diisi dengan bercerita panjang lebar baik mengenai agama maupun jurusan masing-masing. Kami akhirnya tertidur dengan berteman The Hunger Game Movie yang kami tonton :D


***

The next story about NYS 2014 : Nuclear Youth Summit 2014 #2ndDay #3rdDay

You Might Also Like

2 Comments

Pembaca yang budiman, kindly gimme apapun pendapat atau komentar kamu tentang artikel saya. Tulisan ini tanpa komentar kamu, kayak mahasiswa akhir tanpa skripsi. Ada yang kurang gitu, yak.

Terimakasih atas kunjungan dan segala apresiasinya. Selamat berkarya :)