Acapella Addicted : Pengertian, Sejarah, dan Video Acapella

By Saturday, January 31, 2015

Hallo, Fellas! Belakangan ini, saya gemar sekali mengunduh beberapa video Mike Thompkins, penyanyi acapella solo. Mike Thompkins adalah satu diantara beberapa penyanyi cover yang saya sukai. Tapi, yang membuat saya kagum dari Mike, dia merupakan penyanyi acapella kreatif yang dengan keahliannya, dia bisa membuat acapella yang biasanya group vocal, menjadi solo vokal. Jadi, di sini saya ingin membahas sedikit tentang acapella :)


Mike Thompkins
Mike Thompkins (via youtube.com)

Pengertian Acapella

Menurut wikipedia, acapella atau yang dalam bahasa Indonesia ditulis akapela merupakan jenis musik yang tidak menggunakan instrumen / alat musik. Acapella berasal dari kata "a" dan "capella" yang berarti "sesuai gaya kapel".

Sejarah dan Perkembangan Singkat

Musik acapella mulanya sering dimainkan oleh imigran Afrika yang seringkali bernyanyi dalam perayaan pesta di suku-suku pedalaman. Kondisi ekonomi yang sulit, membuat mereka tidak mampu membeli alat musik. Sehingga, mereka mulai belajar menirukan suara-suara alat musik yang seringkali mereka dengar paduan suara orang Kaukasia* di gereja. 

Pada saat itu, orang Kaukasia hanya menganggap acapella sebagai nyanyian dengan pembagian vokal, tanpa adanya peniruan suara alat musik. Namun, tidak dengan imigran Afrika yang menggabungkan teknik pembagian suara dan peniruan suara alat musik. Kemudian, teknik bernyanyi ini ditiru oleh bangsa lain, terutama Spanyol yang akhirnya mewariskan teknik ini hingga Filipina.

Menurut sumber lain, dikatakan bahwa musik ini berkembang sebagai musik religius Kristen. Beberapa agama, seperti Islam, Yahudi, ataupun Nasrani juga tidak menggunakan alat musik saat menyanyikan lagu-lagu agamis. Dalam Islam, menyanyikan lagu agamis secara acapella biasa disebut nasyid.

Video Acapella Recommended!

Di sini, saya ingin share beberapa video acapella yang saya rekomendasikan. Saya memang lebih suka mendengarkan acapella dengan menyetel videonya. Bagi saya, melihat mereka bernyanyi dengan ekspresi mulut yang (terkadang) unik, memiliki nilai lebih greget. Hehe :p . Enjoy this :D

1. Gamaliel dan Audrey Tapiheru

Pada tahu, kan, siapa mereka? Mereka berdua adalah kakak adik yang pada awalnya gemar mengunggah video cover mereka di youtube. Gamaliel lahir pada tanggal 9 Oktober 1990, sedangkan Audrey lahir pada tanggal 26 Juli 1993. Mereka berdua ini kakak beradik yang keren :D. (sumber : KapanLagi.com)




2. Mike Thompkins

Mike Tompkins lahir pada tahun 1990 dan dibesarkan di Ilderton, sebuah kota kecil di luar London, Ontario, Kanada. Profesinya sekarang adalah sebagai penyanyi, acapella, beatbox. (sumber : wikipedia)






3. Pentatonix

Pentatonix terdiri dari vokalis utama Scott Hoying (22), Kirstie Maldonado (21) dan Mitch Grassi (21), bass vokal Avi Kaplan (24) dan beatboxer Kevin “K.O.” Olusola (25). Group vokal ini adalah emenang dari NBC The Sing Off musim 3, kompetisi group acapella di Amerika




4. Voiceplay

VoicePlay beranggotakan Tony Wakim, Eliezer Jacobson, Layne Stein, Geoff Castellucci, dan Earl Elkins, Jr. Mereka semua tampan dan memiliki kemampuan vokal yang istimewa. Sudah banyak lagu yang mereka garap dengan gaya a capella di akun YouTube mereka. Permainan nada dengan suara bass dan tenor yang solid membuat setiap kreasi mereka selalu mantap untuk didengarkan. Selain mengandalkan kekuatan lima suara mereka, VoicePlay juga sering berkolaborasi dengan penyanyi wanita indie yang juga ada di YouTube. (sumber : merdeka.com)



5. Ear Candy


6. The Voca People

Voca People adalah grup Acapella yang unik asal Italy. mereka seperti manusia yang berPantomim. (sumber : kaskus.co.id)


7. Gentleman's Rule


***


Catatan kaki :
*) Istilah "Orang Kaukasia" pernah digunakan dahulu untuk menunjuk fenotip umum dari sebahagian besar penduduk Eropah, Afrika Utara, Timur Tengah, Pakistan dan India Utara. (wikipedia)

Reference :
http://yayanuryasin.blogspot.com/2013/11/sejarah-acapella.html | http://id.wikipedia.org/wiki/A_capella

You Might Also Like

3 Comments

  1. jenis musik acapella ini baru tahu menikmatinya saja belum dan baru tahu ternyata sejarahnya cukup panjang, dan memang hanya musisi berdedikasi dan kreatif saja yang bisa memainkan acappela ini.
    terimakasih sudah berbagi, bisa menambah pengetahuan musik saya pisan nih.

    ReplyDelete
  2. yang dari Indonesia donk boleh di sebutin siapa aja mbak haha ngareppp... sukses terus acapella emang daya tarik trsndri mantap....

    ReplyDelete
  3. wah saya pernah buat posting about acapella juga mbak thx yah jadi nambah referensi saya mantap dah cetarr heheh http://www.angkisland.com/2014/09/pelangi-di-parangtritis-jogja.html

    ReplyDelete

Pembaca yang budiman, kindly gimme apapun pendapat atau komentar kamu tentang artikel saya. Tulisan ini tanpa komentar kamu, kayak mahasiswa akhir tanpa skripsi. Ada yang kurang gitu, yak.

Terimakasih atas kunjungan dan segala apresiasinya. Selamat berkarya :)