Happy New Year and Welcome to Final Test!

By Thursday, January 01, 2015 ,

Happy New Year 2015, Guys!

I hope this year will be better than before. I hope my myriad wish lists will be happen in this year. I hope I will have same goal with different method to realize my dreams. Amiin.

Sumber

And...

Welcome Final Test in 5th semester XD

In this time, I am student in 5th semester in Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS), in majoring Telecommunication Engineering (abbreviated Telkom). In this article, I will tell you how our life when final test. I think, there is bit difference from institute or university :).

Minggu ketiga sebelum UAS...

Adalah minggu pengadaan postest praktikum. Selain minggu postest, di minggu ini biasanya adalah minggu-minggu pergantian jam pelajaran yang kosong. Biasanya, contact person dari dosen praktikum harus bekerja lebih dalam minggu ini untuk memastikan apakah akan ada postest atau tidak. Di minggu ini pula, biasanya jadwal UAS keluar. Tapi, masih jarang yang pada ngelihat. Haha.

Minggu kedua sebelum UAS...

Sebenarnya hampir sama dengan minggu sebelumnya. Jumlah mahasiswa yang lebih banyak daripada jumlah laboratorium, membuat kami harus membagi jumlah mahasiswa sekelas menjadi dua bagian. Nah, di minggu ini adalah pelaksanaan postest untuk mahasiswa yang belum postest. Biasanya, broadcast jadwal UAS baru gencar pada minggu ini.

Seminggu sebelum UAS...

Katakan saja, ini adalah minggu tenang :D, minggu liburan bagi mahasiswa tingkat 3 (semester 5-6). Biasanya, kalau tidak ada project kelompok, minggu ini bisa dimanfaatkan untuk berlibur di kampung halaman. Tapi, tergantung dosen juga, sih. Contoh saja, pada 4 semester kemarin, saya tidak terlalu merasakan adanya minggu tenang. Nah, semester ini, berasa sekali. Alhamdulillah.

Ketika minggu UAS berlangsung...

Mahasiswa sekelas dibagi menjadi 3 bagian. Absen atas (1-10), absen tengah (11-20), dan absen bawah (21-30). Di ruang UAS, kami dijaga oleh 2 penjaga, bisa berasal dari dosen ataupun pegawai. Untuk peserta ujian, mahasiswa dari 3 jurusan dengan 3 tingkat berbeda bercampur. Misal, di ruang HH106T, berasal dari kelas 1 jurusan Telkom, kelas 2 jurusan Teknik Informatika (IT), dan kelas 3 jurusan Teknik Elektronika (Elka). Teman sekelas ujian ini akan tetap sama dari tahun ke tahun, hingga kelas 3 wisuda dan digantikan oleh adik kelas dari jurusan yang sama. 

As the view about my lecture in 5th semester, I will give explanation about my lecture. Maybe, it can be your information about Telecommunication Engineering :)

***
Mikrokontroler
Di pelajaran ini, kami belajar tentang rangkaian dasar mikrokontroler. Di postest praktikum, kami membuat project mengenai aplikasi rangkaian mikrokontroler ini menjadi sebuah peralatan yang bermanfaat. Kami menggunakan mikrokontroler dan software Arduino. Kami diberi kebebasan untuk membuat project secara hard (barang jadi) ataupun soft (simulasi dengan software Proteus).
Antena dan Propagasi
Di pelajaran ini, kami belajar melakukan berbagai macam pengukuran dengan berbagai macam bentuk antena. Kami belajar tentang pengaruh jenis antena terhadap gain (penguatan yang terjadi), noise (gangguan yang terjadi), dan sebagainya.
Dasar Jaringan Telepon
Di pelajaran ini, kami benar-benar bekerja dengan telepon digital dan analog. Mulai dari perancangan PABX (Private Automatic Branch Exchange) sampai pengaturan fitur dan layanan PABX. Di sini, kami juga belajar tentang sejarah perkembangan teknologi telekomunikasi hingga perancangan sebuah BTS (Base Tranceiver Station) di suatu daerah.
Sinyal Sistem
Di pelajaran ini, kami belajar bagaimana sinyal itu bekerja. Misalnya, dari pengaruh frekuensi terhadap bentuk sinyal sinusoida, konvolusi sinyal, analisa sistem LTI, transformasi fourier, dan sebagainya. Untuk praktikum, kami menggunakan software Matlab dimana kami harus memasukkan source code yang pada akhirnya akan mensimulasikan sinyal di Figure yang telah diatur.
Jaringan Komputer
Menurut saya, pelajaran ini terbilang sedikit ribet, walaupun dosen telah menjelaskan secara rinci. Pada pelajaran ini, kami belajar bagaimana menghubungkan jaringan komputer dengan router ataupun. Pengaturan IP address, dan bla bla bla, beneran membutuhkan perhatian khusus. Untuk praktikum, kami menggunakan software CISCO untuk simulasinya.
***

Minggu pasca UAS

Adalah minggu-minggu ujian ulang praktikum dan pengumpulan/demo project. Minggu inilah yang biasanya bikin lama di kampus, sebab kebiasan kami adalah kerja mepet waktu. Jadi, kerja kelompok untuk beberapa project yang belum kelar, biasanya dilakukan pada minggu ini. Selain itu, minggu ini juga ada pengumuman ujian perbaikan (up) untuk mahasiswa yang belum lulus ketika nilai akhir keluar. Ini pula yang biasanya bikin betah di kampus, sebab nilai akhir tidak dapat diprediksi waktu keluarnya.

So, those are my final test weeks and I will test at the end of December and early January. Is the same condition with your university, Guys? Hem, I think, some universities have similar condition like that. I hope I can do the best of me in this semester. Amiin.

Selamat berjuang di sidang tugas akhir 2015 :D.

You Might Also Like

8 Comments

  1. selamat tahun baru Fibbi dan semangat dan sukses uasnya

    ReplyDelete
  2. sukses uas buat kamu dan aku dan semua mahasiswa eepis ya happy :)))))

    ReplyDelete
  3. wah, hampir sama dong, mbak Hap. :p
    oh, dan juga sekarang jadi lebih tau tentang apa aja yg dipelajari teman-teman dari jurusan telkom.
    eh, tapi UP kok ujian pengulang? bukannya ujian perbaikan? ^^

    ReplyDelete
  4. Waduuuuhhh, membaca schdule ujian kamu yg runtut itu aja udh bikin aku panik. Hahhahaha. Selamat menempuh ujian, semoga sukses dan nilainya bagus. Good luck !

    ReplyDelete
  5. Yaa, kalo saya mah baru saja selesai minggu ini. Saya baru semester pertama nih.
    Semoga sukses dan dapat nilai yang memuaskan.

    ReplyDelete
  6. wah sukses terus ya semoga maikn baik tiap harinya josh...

    ReplyDelete

Pembaca yang budiman, kindly gimme apapun pendapat atau komentar kamu tentang artikel saya. Tulisan ini tanpa komentar kamu, kayak mahasiswa akhir tanpa skripsi. Ada yang kurang gitu, yak.

Terimakasih atas kunjungan dan segala apresiasinya. Selamat berkarya :)