Wonderful Indonesia - Negara dengan Sejuta Wisata Alam

By Thursday, February 26, 2015 , ,

“Saya bersyukur tinggal di Indonesia!”

Ya, saya bersyukur tinggal di Indonesia. Sebuah negara yang memiliki banyak wisata alam. Bukan rahasia lagi bahwa wisata Indonesia memiliki kekayaan alam yang luar biasa. Mulai dari wisata bawah laut, hutan, ataupun pegunungan, saya rasa Indonesia masih tidak kalah hebat jika dibandingkan dengan pariwisata luar negeri. Dari semua wisata Indonesia tersebut, wisata yang paling saya senangi adalah wisata pantai dan pegunungan! Yeah, i love if I can sing lalala in the beach :p

Memang, dengan pengeluaran yang sama, menikmati pariwisata luar negeri 'terlihat' memiliki nilai gengsi yang tinggi. Tapi, hei, coba tengok pariwisata Indonesia juga tak kalah indahnya. Kamu akan lebih terlihat keren jika menghabiskan waktumu untuk berwisata menikmati pesona Indonesia! Seriusan, bersyukurlah karena kamu dilahirkan di negara yang memiliki buanyak sekali wisata alam.

Indonesia dengan wisata alam pantai dan bawah laut

Indonesia merupakan negara maritim yang memiliki 13.466 pulau, seperti yang ditegaskan oleh Dr. Asep Karsidi, ketua Badan Informasi Geospasial (BIG)[1][2]. Banyaknya jumlah pulau ini tentu membuat Indonesia memiliki banyak sekali pantai yang indah. Sebagai contoh, wisata yang terkenal dan sangat ingin saya kunjungi adalah Kepulauan Raja Ampat atau ‘Empat Raja’ yang memiliki empat pulau utama. Empat pulau tersebut adalah Waigeo, Salawati, Batanta, Misool yang merupakan penghasil lukisan batu kuno. Raja Ampat sangat terkenal dengan keindahan bawah lautnya memiliki sekitar 75% spesies laut dunia[3]. Sungguh menakjubkan!

Wonderful Indonesia : Raja Ampat
Informasi Raja Ampat (Sumber : www.nature.or.id)

Michael Aw dalam iriandiving.com pernah mengatakan, “Saya seperti anak 5 tahun yang baru pertama kali melihat terumbu karang, terkagum-kagum dengan pesona terumbu karang terkaya ini. Dengan segala sumber daya yang ada, kita harus melestarikan keindahan Raja Ampat dan mungkin menjadi tempat terakhir.”

Namun, bagi kamu yang tinggal di Jawa Timur, tidak perlu jauh-jauh ke Raja Ampat untuk dapat menikmati keindahan pantai dan bawah laut Indonesia. Coba saja berkunjung ke kawasan Pantai Lenggoksono di Malang Selatan. Di sana, kamu bisa menikmati indahnya Pantai Bolu-Bolu, pantai dan air terjun Banyu Anjlok, serta kerennya snorkeling di pertengahan laut. Saya pernah menuliskan tentang pengalaman perjalanan ke Pantai Bolu-Bolu di sini.

Wonderful Indonesia : Snorkeling di Kawasan Pantai Lenggoksono
Snorkeling di Kawasan Pantai Lenggoksono

Sayangnya, laporan dari Bulletin Coremap tahun 2007 menunjukkan bahwa 43% terumbu karang dalam kondisi berat, 28,8% dalam kondisi rusak, 22% dalam kondisi baik dan 6,2% dalam kondisi yang sangat baik[4]. 

Laporan ini sungguh miris melihat sebenarnya banyak sekali manfaat dari terumbu karang. Selain dapat membuat kelautan Indonesia terlihat lebih indah, terumbu karang ini sebenarnya memiliki manfaat besar sebagai penahan bencana dan abrasi laut. Saya pun pernah menuliskan sedikit ulasan mengenai pentingnya terumbu karang di sini.

Indonesia dengan wisata kawasan pegunungan

Indonesia memiliki pegunungan yang elok dan sangat recommended buat kamu pecinta hiking ataupun sunrise. Di Kabupaten Probolinggo sendiri ada Gunung Bromo yang sudah terkenal dengan keindahan kawah, pasir berbisik, dan savana-nya. Bagi saya yang tidak terlalu kuat mendaki, gunung ini cocok sekali karena tersedia ribuan anak tangga untuk mendaki ke puncaknya. Tidak hanya pecinta hiking, ternyata gunung ini juga sangat diminati bagi pecinta sepeda santai, lho!

Wonderful Indonesia : Pesona Gunung Bromo
Gunung Bromo (Foto : Moch Bishri)

Pesona kawasan wisata pegunungan tidak hanya pada puncaknya saja, tapi juga terletak pada keindahan pemandangan selama perjalanan. Kamu akan disuguhkan dengan banyaknya pepohonan yang rimbun dan udara, yang tentu saja, sejuk merupakan menu utama yang disajikan oleh kawasan pegunungan. Bagi saya, yang berkuliah di Kota Surabaya, pulang kampung merupakan hal yang saya nantikan karena saya bisa menjelajahi pedalaman Kabupaten Probolinggo yang cenderung berada di kawasan pegunungan. Seperti pengalaman saya beberapa hari lalu ketika berkunjung di daerah Bremi.

Ketika melintasi daerah Bremi, saya melihat terjaganya kawasan hutan yang masih terjaga dengan baik. Menurut saya, adanya pencetusan sebagai daerah wisata agropolitan berdampak pada peningkatan kesadaran masyarakat sekitar. Hal ini membuat saya berpikir tentang bagaimana daerah hutan yang tidak dicanangkan sebagai kawasan perlindungan. Pasti akan banyak sekali penebangan hutan secara liar ataupun perusakan hutan lainnya.

Dari perhitungan Departemen Kehutanan, angka penebangan liar di Indonesia mencapai 50,7 juta m3/tahun dengan kerugian financial sebesar Rp 30 trilyun per tahun[5].

Menurut saya, nilai tersebut terbilang cukup besar. Akibat penebangan hutan liar ini, tentu saja juga berdampak pada hewan-hewan yang berada di kawasan tersebut. Pasti sering denger, kan, berita tentang orang utan yang turun ke kebun-kebun warga karena habitat asli mereka mulai musnah? Hayo, kalau bukan karena ulah manusia sendiri, pasti tidak ada tuh ceritanya seperti itu!
---------------------------------------------------------------------------------------

Yuk, pahami wisata alam, tingkatkan kepedulian dari dini

Duh, saya akhir-akhir ini mulai resah dengan beredarnya pemberitaan di kalangan anak SD mulai dari yang berpacaran di dunia maya, mengunggah foto memberi kado kepada pacar, ataupun foto berciuman di tengah hujan. Astaga! Saya tidak mau men-genarilasasi tentang tingkah laku tersebut, tapi cukuplah sampai di sini potret anak SD jaman sekarang.

Sebagai manusia dewasa, ada baiknya kita mulai mengambil sikap menghadapi ‘fenomena’ tersebut. Jadi, bagaimana jika kita mulai mengajak mereka (adik-adik SD) untuk lebih mencintai alam?

Menurut saya, adanya ‘fenomena’ tersebut dikarenakan mulai menjamurnya tayangan sinetron dengan genre romantis dan, ups, tanpa sengaja dilihat oleh mereka. Ada banyak sekali cara yang dapat kita lakukan untuk mengalihkan perhatian mereka dari pengaruh negative. Tidak perlu harus dari jurusan lingkungan untuk dapat memperkenalkan wisata alam. Seriusan.

Kamu punya adik SD? Ajak mereka wisata alam dengan paket 5+!

Jika kamu memiliki adik SD, sering-seringlah mengajak mereka untuk berwisata alam. Keluarkan mereka dari zona nyaman dimana lebih betah di depan tv dan memegang gadget. Semakin dini mereka mengenal alam, maka akan semakin dini pula rasa bersyukur mereka pada wisata alam Indonesia tumbuh. Jangan lupa siapkan paket 5+ ini saat mengajak mereka berwisata alam.

[Paket 1] : Paket Mencintai Pepohonan

Sumber : www.hdesktops.com

Setiap kali berhenti di destinasi dengan pepohonan yang rimbun, katakan pada mereka, “Trees are our bestfriend, Bro. Kamu harus mencintainya dengan tidak mencoret-coret dan mematahkan bagian tubuh mereka. Mereka rapuh layaknya hati wanita.”

[Paket 2] : Paket Buang Sampah pada Tempatnya

Sumber : google images
Bagi saya, sampah adalah perusak no. 1 pemandangan wisata alam. Serius! Ketika saya mengunjungi Pantai Delegan, sampah pun terlihat di beberapa sudut pantai. Ini mengganggu! Jadi, katakan pada adik kamu, “Bro, alam tidak mencintai sampah apapun, terutama plastik. Jadi, bawa sampah plastik kembali ke rumah atau ke tempat sampah yang disediakan.”

Sebagai tambahan, jika kamu cukup kreatif, bolehlah mengajarkan mereka untuk mengolah limbah dengan cara yang unik. Ini lebih baik, loh!

[Paket 3] : Paket Berenang dengan Alat Snorkeling

Sumber : google images
Jika adik kamu tidak bisa berenang, segera ajak dan ajarkan mereka berenang di kolam terdekat. Oh, jangan lupa, juga ajarkan untuk menggunakan alat snorkeling. Seriusan, menggunakan alat snorkeling butuh keterampilan biar gag nyesel waktu liburan ke wisata bawah laut. Jangan seperti saya yang hanya bisa ngambang di laut ketika kegiatan snorkeling di Pantai Bolu-Bolu -___-“

[Paket 4] : Paket Menanam dan Berani Kotor

Sumber : www.elisakaramoy.com

Jika adik kamu takut kotor, berarti ini saatnya kamu mengajak mereka untuk berani kotor. Bagaimana jika mengajak mereka bercocok tanam? Kalau menanam mangrove masih terlalu ribet untuk anak SD, cobalah untuk tanam pohon mangga depan rumah dulu, lah. Saat menanam, maka bisikkan perkataan romantis padanya, “Bro, menanam baby tree adalah kegiatan yang penting bagi keselamatan bumi dan hutan kita. Banyak sekali manfaatnya!”

[Paket 5] : Paket Menyayangi Hewan

Sumber : www.essentialbaby.com.au
Ini juga tak kalah pentingnya. Ajak mereka untuk menumbuhkan rasa sayang mereka terhadap hewan. Ajarkan kewaspadaan, namun bukan ketakutan. Jangan sekali-kali mengajarkan anak SD untuk menembak burung! Itu berbahaya, bibeh, bukan hanya untuk manusia-nya, tapi juga kelangsungan aneka ragam burung Indonesia. Atau jika kamu memiliki budget berlebih, ajak mereka untuk ke tempat perlindungan hewan, seperti area pantai yang dilindungi untuk peneluran penyu :)

Sebenarnya, saya sendiri masih dalam tahap menumbuhkan rasa cinta saya terhadap hewan. Saya memiliki ketakutan ketika harus berinteraksi dengan hewan, terutama hewan berbulu. Jadi, saya mengambil cara lain untuk dapat tetap melindungi hewan, yaitu bergabung di WWF sebagai Orang Utan Warrior.
--------------------------------------------------------------------------------------- 
Menurut saya, Paket 5+ tersebut sudah cukup untuk memunculkan rasa kepedulian terhadap wisata alam di kalangan anak SD. Ajarkan mereka rasa syukur karena hidup di Indonesia. Semakin dini mereka berkenalan dengan alam, akan semakin baik untuk kelangsungan wisata alam Indonesia. Hei, mereka adalah generasi penerus bangsa!
--------------------------------------------------------------------------------------- 

Ijinkan saya bermimpi sejenak...

Saya memimpikan dimana saya berlibur di suatu pegunungan dengan pepohonan tanpa gurat tangan jahil manusia.
Memimpikan dapat melihat burung-burung dapat terbang bebas di langit pegunungan.
Berkhayal terumbu karang dapat terjaga dengan baik.
Dan mimpi besar saya,
saya bermimpi dapat berenang :")

Kecenderungan masyarakat Indonesia memang lebih memilih untuk melakukan wisata ke luar negeri daripada mengucurkan dana untuk wisata lokal. Tak menampik, jika saya pun memiliki keinginan untuk berwisata ke luar negeri. Namun, keinginan tersebut, insyaAllah, saya imbangi dengan perjalanan di tempat wisata local, terutama di daerah saya.

Apa tidak malu, ketika kita ke luar negeri dan ditanya oleh mereka, “Wisata apa yang ada di negaramu?”
Dan kita hanya bisa menjawab, “Bali, Lombok, Raja Ampat, dan banyak lagi.”
Banyak lagi karena tidak tahu lagi tempat lainnya? Malu sama kucing, deh x___x

Yuk, mulai melakukan perjalanan ke wisata local di Indonesia. Explore lebih buanyaaaaak lagi dan jangan lupa memperkenalkan wisata alam sejak dini ke adik-adik SD. Oh Tuhan, sampai pada paragraph ini, saya baru menyadari betapa saya ternyata kurang sering menjelajah Indonesia yang kaya akan wisata alam-nya.

Jika saya bersyukur dengan wisata alam Indonesia, kamu kapan?


Selamat menikmati wisata alam Indonesia!

Indonesia kaya, Indonesia hebat
#catatancintakebangsaan #potretkebangsaan #akucintaIndonesia






Reference :
[1] I Made Adi Arsana. 2014. Indonesia Kehilangan 4000 Pulau? . http://madeandi.com/2014/01/22/indonesia-kehilangan-4000-pulau/ (diakses 26 Februari 2015).
[2]National Geographic. 2012. Hanya ada 13.466 Pulau di Indonesia.
http://nationalgeographic.co.id/berita/2012/02/hanya-ada-13466-pulau-di-indonesia (diakses 26 Februari 2015).
[3] Indonesia’s Official Tourism Website. nd. Raja Ampat: Ekspedisi Bawah Laut Terbaik di Dunia http://www.indonesia.travel/id/destination/248/raja-ampat (diakses 26 Februari 2015).
[4] Sudirman. nd. Warning atas Kerusakan Hutan Bawah Laut. Makassar : Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan Unhas.
[5] nn. Nd. Chapter II.pdf . Sumatera : Universitas Sumatera Utara (diakses 26 Februari 2015).

You Might Also Like

21 Comments

  1. woh pengen tuh ke raja ampat, tp belom juga kesampaian :-(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, mbak, biayanya yang subhanallah :")

      Delete
  2. saya bangga lahir dan tinggal di jatim indonesia

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, mas, bangga deh. Belum keturutan buat ke Banyuwangi seperti review di blog mas :)

      Delete
    2. semoga keturutan berkeliling Banyuwangi
      itu si komeng sengaja saya tutup karena masih perbaikan lama gak update... gpp ya, iya

      Delete
  3. Mudah-mudahan suatu hari dapat menjejakkan kaki di Raja Ampat. Aamiin.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amin, mas. Saya pun berharap begitu :"

      Delete
  4. Whoaaaaaaa!! Raja ampat, salah satu destinasi impian :)))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener, mith, destinasi impian banget :D

      Delete
  5. indonesia diberkati kekayaan yg amat tiada tara entah itu kekayaan alamnya, bahasa, budaya, istiadat dsb. dimn kewajiban anak negeri harus menjaganya. disisi lain peranan blogger dalam mengabarkannya jg perlu di apresiasi. #salam kenal.jika berkenan berkunjg balik

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener mas. Setuju, blogger berperan sebagai informan :D
      Langsung berkunjung balik mas ^_^
      Salam kenal

      Delete
  6. "Ketika menulis membuatmu lebih romantis..."
    wah, baru tau kalau ada motto (atau tag ya?) ini di blognya mbak Happy. :D
    eh, #salahfokus

    tapi emang benar, wisata alam Indonesia memang amazing.
    sudah dari SMA dulu pingin liburan ke Raja Ampat, tapi sampai sekarang gak keturutan. :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, ya, bener-bener salah fokus kamu, Dek. Hehe.

      Raja Ampat terlalu mainstream, dek, jangan ke sana *harganya mahal :'( hiks

      Delete
  7. Indonesia itu memang tiada duanya ..entah sampe berapa tahun bisa terjelajahi dari Sabang sampe Merauke.. tapi aku yakin pasti bisa. step by step :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Step by step, ya Mom. Ngumpulin duit dulu, Mom :")

      Delete
  8. Saya juga suka dengan susanana pantai, laut dan pegunungan mbak..itu dahsyat bingits, berasa alam milik sendiri, hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah, saya juga, mbak. Totally agree, lah XD

      Delete
  9. wah bagus nih tulisannya...jadi malu karena belum bisa menjelajah Indonesia :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Indonesia terlalu luas untuk dijelajahi, ya, mbak :D Semangat buat njelajahi Indonesia, mbak :)

      Delete
  10. hey you... remember me? :D (sok english)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nope, sorry :") I wanna stalk you first.

      Delete

Pembaca yang budiman, kindly gimme apapun pendapat atau komentar kamu tentang artikel saya. Tulisan ini tanpa komentar kamu, kayak mahasiswa akhir tanpa skripsi. Ada yang kurang gitu, yak.

Terimakasih atas kunjungan dan segala apresiasinya. Selamat berkarya :)