Cropping Citra dengan Global Mapper 11

By Saturday, March 28, 2015 ,


Assalamu'alaikum. Kali ini, saya ingin share mengenai Cropping Citra dengan Global Mapper 11.

Global Mapper merupakan software pengolahan citra yang mendukung berbagai macam format data seperti DEM, E00, CADRG/CIB, MrSID, DLG-O, SDTS DEM, DOQ, DTED, DWG, DXF, ECW, GeoTIFF, Tiger/Line, SDTS DLG, KML/KMZ, DGN, ESRI Shapefiles, JPEG2000, DRG, Lidar LAS, Arc Grid dan masih banyak lagi. (sumber : citrasatelit.com)

Dalam pengolahan citra, gambar yang didapatkan dari Google Earth Pro merupakan gambar dengan format .jpg. Hasil gambar yang didapatkan dari Google Earth Pro tidaklah terlalu halus atau tidak terpotong sesuai koordinat yang ditentukan. Maka, dibutuhkan Global Mapper untuk memotong gambar tersebut sesuai koordinat sesuai kontur bumi. Pada Global Mapper ini, gambar diexport dengan format GeoTiff supaya resolusi yang dihasilkan lebih baik. Di bawah ini merupakan cata memotong citra dengan Global Mapper :


1. Buka Aplikasi Global Mapper 11

Tampilan Awal Global Mapper 11 | Cropping Citra dengan Global Mapper 11

Gambar 1. Tampilan Awal Global Mapper 11

Pilih Open Your Own Data Files dan buka file .jpg yang didapatkan dari Google Earth Pro. Sebelumnya, jangan lupa untuk membuka data koordinat yang telah dibuat di MapInfo dan bukalah info koordinat dari salah satu kotak yang nantinya akan diisi oleh gambar yang akan dibuat di Global Mapper ini.

Tampilan Informasi Koordinat pada MapInfo | Cropping Citra dengan Global Mapper 11
Gambar 2. Tampilan Informasi Koordinat pada MapInfo

Dari gambar di atas, dapat dilihat inforasi mengenai salah satu koordinat kota yang nantinya akan diisi oleh gambar hasil export GeoTiff.

2. Cari Tanda dan Isilah Koordinat yang Sesuai
Carilah tanda koordinat yang telah dibuat ketika melakukan capture citra di Google Earth Pro. Kemudian isilah koordinat pada titik tanda tersebut sesuai koordinat yang didapatkan dari MapInfo pada tahap sebelumnya. Dibawah ini adalah gambaran penandaan titik point dan pengisian koordinat di Global Mapper. Pemberian nama titik, bisa diberi nama Point 1, Point 2, Point 3, dan Point 4. Namun, pemberian koordinat titik bisa dilakukan sampai point 3 saja.

Penandaan Titik Koordinat pada Global Mapper | Cropping Citra dengan Global Mapper 11
Gambar 3. Penandaan Titik Koordinat pada Global Mapper

Pada penandaan titik koordinat ini, perlu diperhatikan mengenai peletakkan titik koordinat yang diambil dari MapInfo. Peletakkan titik koordinat ini harus berputar berlawanan dengan arah jarum jam. Berikut adalah peletakkan titik koordinat pada Global Mapper :



Formasi Peletakkan Titik Koordinat | Cropping Citra dengan Global Mapper 11

3. Lakukan Export GeoTiff

Setelah melakukan peletakan titik koordinat, maka lakukan export GeoTiff dengan memilih pilihan Export Raster and Elevation Data, lalu Export GeoTiff.

Lakukan Export GeoTiff | Cropping Citra dengan Global Mapper 11
Gambar 5. Lakukan Export GeoTiff

4. Penyimpanan dengan Titik Koordinat
Sebenarnya, penyimpanan dapat dilakukan dengan melakukan penyimpanan langsung atau tanpa pemberian titik koordinat. Namun, penyimpanan dengan cara seperti ini akan memberi dampak sobek yang lebih besar. Penyimpanan dengan titik koordinat akan mengurangi tingkat kesobekan yang akan terjadi ketika gambar telah terexport menjadi GeoTiff.

Ketika mengexport gambar dalam bentuk GeoTiff, maka ketika muncul GeoTiff Export Options, seperti gambar di bawah ini, langsung pilih OK.

Penyimpanan Tanpa Titik Koordinat | Cropping Citra dengan Global Mapper 11
Gambar 6. Penyimpanan Tanpa Titik Koordinat
Namun, jika penyimpanan dilakukan dengan titik koordinat, maka pilih Export Bounds dan klik pada pilihan Lat/Lon (Degress). Kemudian, isilah kolom kosong dengan nilai koordinat gambar sesuai dengan titik koordinat yang dapat dilihat di MapInfo.

Berikut adalah peletakan titik koordinat MapInfo pada Global Mapper :

Titik Koordinat
MapInfo
Global Mapper
X1
West
X2
East
Y1
South
Y2
North

Di bawah ini adalah gambaran peletakan titik koordinat pada Global Mapper :
Penyimpanan dengan Titik Koordinat | Cropping Citra dengan Global Mapper 11
Gambar 7. Penyimpanan dengan Titik Koordinat

***

Sekian, semoga bermanfaat ^___________^

You Might Also Like

5 Comments

  1. Mau tanya admin...saya mau potong citra dengan exatensi .ecw bisa ga di potong sesuai ke inginan kita..dan caranya bagaimana

    ReplyDelete
  2. Mau tanya admin...saya mau potong citra dengan exatensi .ecw bisa ga di potong sesuai ke inginan kita..dan caranya bagaimana

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf, mas, saya udah gag ada aplikasi buat citra. Maaf nggeh :)

      Delete
  3. min itu namanya bukan potong citra tapi koreksi geometrik.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nuhun koreksinya, mas ^_^ nanti saya cari lagi referensinya :)

      Delete

Pembaca yang budiman, kindly gimme apapun pendapat atau komentar kamu tentang artikel saya. Tulisan ini tanpa komentar kamu, kayak mahasiswa akhir tanpa skripsi. Ada yang kurang gitu, yak.

Terimakasih atas kunjungan dan segala apresiasinya. Selamat berkarya :)