Sahabat Kreatif : Membangun Kreativitas dari Limbah Kertas

By Friday, November 20, 2015

Honestly, sejak keikutsertaan saya di IES 2015 lalu, komunitas Sahabat Kreatif masih menjadi idola karena sejalan dengan kesenangan saya dengan origami. Iseng stalking tentang komunitas ini dan baru tahu kalau komunitas ini tidak hanya bergerak di bidang 3D origami. Jadi, bagaimana komunitas ini di mata saya?

Komunitas Sahabat Kreatif ini digagas oleh Adam dan teman-temannya sekitar awal tahun 2014, di kawasan Paledang, Cibeureum, Bandung. Dengan slogan “DIY” atau “Do It Yourself”, komunitas ini berhasil menciptakan karya seni dari limbah barang berkas, misalnya dari limbah produksi kertas, kayu tak terpakai, dan semacamnya.
Origami 3D karya Sahabat Kreatif
Origami 3D karya Sahabat Kreatif

Saat di pameran Green Expo, Universitas Padjajaran, komunitas ini menyuguhkan origami 3D dan hiasan tanaman di pot mini. Untuk kertas origami 3D, Ada menuturkan bahwa kertas yang dipakai berasal dari sisa produksi kertas yang berlebih. Kertas tersebut dipotong sesuai bentuk dasar dengan berbagai ukuran untuk berbagai bentuk yang diinginkan.

Kerajinan yang dipamerkan di Green Expo adalah kerajinan jadi dan kerajinan dalam bentuk bahan dasar. Jadi, untuk pengunjung yang ingin mencoba membuat, bisa beli bahan dasarnya dan membuatnya sendiri. Ini memungkinan pengunjung dapat belajar kreatif.

Adam Berbagi Ilmu dengan Para Pengunjung
Adam Berbagi Ilmu dengan Para Pengunjung

“Sebenarnya, tujuan dari komunitas kami agar pembeli lebih kreatif dan tidak membeli barang yang sudah jadi,” kata Adam, alumnus Universitas Kristen Maranatha, Bandung.
Bagi kamu yang tertarik dengan karya komunitas ini, bisa langsung mengunjungi social media mereka di twitter @skreatif07, Sahabat Kreatif pada facebook, dan sahabatkreatif07.blogspot.co.id. Ternyata, di tangan mereka yang kreatif, barang bekaspun bisa menjadi karya yang bernilai, ya. Salut, deh!

Yuk, lebih peduli pada barang bekas :)
Salam Sahabat Kreatif dari Surabaya
Salam Sahabat Kreatif dari Surabaya

***
Reference :
http://www.greeners.co/sosok-komunitas/sahabat-kreatif-olah-kertas-jadi-karya-seni/

You Might Also Like

4 Comments

  1. yang picture pertama, dibuat dari kertas origami biasa kan? terus pakai penyangga gitu gak?
    Mampiiirr dooong~ http://giasittighaliyah.blogspot.co.id/2015/11/idvolunteeringhub-bukan-sekadar.html

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa, mbak. Itu gak pakek penyangga sama sekali. Jadi, kertasnya disusun begitu. Ada panduannya gitu, mbak XD

      Delete
  2. keren banget bisa kayak gitu kreasi nya ya. Pengen belajar tapi aku orgnya malesan hahahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama ih, mbak, aku beli sampek 2017 ini belum kelar-kelar -___-" haha

      Delete

Pembaca yang budiman, kindly gimme apapun pendapat atau komentar kamu tentang artikel saya. Tulisan ini tanpa komentar kamu, kayak mahasiswa akhir tanpa skripsi. Ada yang kurang gitu, yak.

Terimakasih atas kunjungan dan segala apresiasinya. Selamat berkarya :)