Memilih Maskapai Penerbangan untuk Wisata? Perhatikan Tips Berikut Ini!

By Monday, October 24, 2016 ,

Liburan ke tempat wisata tentu menjadi momen yang menyenangkan. Terlebih jika berliburnya bersama keluarga dan orang-orang tercinta, momen liburan pasti akan terasa lebih spesial. Namun seringkali liburan bersama keluarga dan orang-orang tercinta tidak terencana dengan baik, sehingga banyak membuang waktu dan biaya. Selain itu, karena perencanan yang kurang baik pula liburan menjadi kurang berkesan dan tentunya momen quality time menjadi tidak berkualitas.

Salah satu hal yang seringkali kurang terencana dengan baik adalah pemilihan maskapai penerbangan untuk transportasi menuju tempat wisata. Transportasi menjadi hal penting dalam berwisata karena seringkali mood rusak karena transportasi yang kurang baik pelayanannya. Oleh sebab itu pemilihan maskapai haruslah terencana dengan baik. Berikut ini adalah tips yang dapat kamu perhatikan dalam memilih maskapai penerbangan untuk wisata, yuk simak!

1. Booking Tiket Online atau Direct?

Tips pertama yang harus diperhatikan saat memilih maskapai adalah dimulai dengan cara booking tiketnya. cara booking online tentu memberikan manfaat lebih dibanding dengan booking secara langsung atau direct. Dengan booking online kamu bisa mengetahui tentang review pelayanan maskapai yang hendak kamu pilih dari para pengguna. Review tersebut tentu dapat menjadi pertimbangan untuk kamu dalam menentukan dan memilih maskapai penerbangan untuk wisata.

Selain dapat melihat review tentang pelayanan maskapai, booking online biasanya juga menawarkan harga yang lebih murah. Dapat tiket murah untuk wisata tentu menyenangkan kan? Hati senang, liburan bisa berjalan lancar.

Memilih Maskapai Penerbangan untuk Wisata? Perhatikan Tips Berikut Ini!
Booking Tiket Online atau Direct? (via bluripples.com)

2. Teliti dan Cermat dengan Reputasi Maskapai

Tips selanjutnya yang harus kamu perhatikan saat memesan maskapai penerbangan untuk wisata adalah reputasi dari maskapai tersebut. Salah satu hal yang tidak bisa kamu sepelekan dari reputasi maskapai adalah On Time Performance (OTM). Ketepatan waktu akan sangat berpengaruh dengan jadwal dan rencana wisata yang telah dibuat. Oleh sebab itu memilih maskapai dengan OTM yang baik tentu menjadi prioritas utama.

Memilih Maskapai Penerbangan untuk Wisata? Perhatikan Tips Berikut Ini!
Teliti dan Cermat dengan Reputasi Maskapai (via cbsnews.com)

Selain OTM, reputasi yang tak kalah penting untuk dijadikan pertimbangan dalam memilih maskapai adalah keselamatan. Memilih maskapai dengan track record yang bagus dengan tingkat keselamatan tinggi tentu menjadi sesuatu yang wajib.

3. Fasilitas dan Kenyamanan

Tips lainnya yang juga harus kamu perhatikan saaat memilih maskapai penerbangan untuk wisata adalah fasilitas dan kenyamanan. Fasilitas bagai sering mengecoh para pengguna maskapai. Di beberapa maskapai fasilitas bagasi terpisah dari fasilitas kursi. Maka dari itu cermat memilih maskapai jangan sampa ada biaya tambahan yang tidak kamu ketahui sebelumnya.

Selain fasilitas, kenyamanan maskapai juga menjadi hal penting. Apalagi jika kamu harus menempuh perjalanan udara yang cukup lama. Kenyamanan menjadi salah satu hal yang utama saat memilih maskapai.

4. Cari Promo

Dalam memilih maskapai, promo juga bisa lho kamu jadikan pertimbangkan. Jika ada promo citilink, promo lion air, promo sriwijaya air atau promo dari maskapai lainnya tidak ada salahnya bergerak cepat untuk booking agar tidak kehabisan. Apalagi jika promo diberikan di waktu musim liburan, harus siap – siap bersaing untuk mendapatkan tiket murah dari maskpai penyedia promo.

Dalam hal mencari promo yang harus kamu lakukan tentunya sering-sering membuka situs dari maskapai atau buka situs Online Travel Agent (OTA). Saat membuka situs hal yang harus diperhatikan bukan hanya harga, tapi juga waktu yang dipilih. Pilihlah waktu yang terlalu dekat dengan musim liburan agar lalu lintas dan suasana di sekitar tempat wisata yang dituju tidak terlalu padat.

Memilih Maskapai Penerbangan untuk Wisata? Perhatikan Tips Berikut Ini!
Cari Promo (via shop.excite.co.id)

5. Perencanan Biaya yang Bijak

Tips terakhir yang harus kamu perhatikan dalam memilih maskapai adalah perencanaan biaya yang bijak. Sesuaikan maskapai dengan budget yang disediakan jangan sebaliknya. Namun yang perlu penyikapan bijak disini adalah penentuan budget. Terkadang terlalu pelit dalam menentukan budget transportasi dapat merusakan mood liburan. Oleh sebab itu bijak dalam menentukan budget transportasi akan menjadi hal yang penting dalam memillih maskpai penerbangan.

Itulah 5 tips yang harus kamu perhatikan saat memilih maskpai penerbangan. Bukan asal murah, bukan asal promo dan diskon besar-besaran tapi perhatikan juga pelayanan dan keselamatan. Memilih maskapai penerbangan yang tepat tentu menjadi awal yang bagus untuk momen liburan dan quality time bersama keluarga dan orang-orang tercinta.

You Might Also Like

4 Comments

  1. tapi yang kurang enak menaiki pesawat yaitu nunggu delaynya, nunggu sampai berjam2 tanpa ada kepastian yang jelas :(

    Btw, thanks atas infonya mbak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama, mas :) Terima kasih sudah berkunjung.
      Ini syukurlah saya belum pernah delay (wong terbang aja baru dua kali :"( ). Heuheu

      Delete
  2. Mempertimbangkan memilih maskapai saat mau bepergian bisa jadi langkah awal utk memulai liburan.
    apalagi yg jaraknya cukup jauh, bahaya juga ya kalo dapet maskapai yang servisnya buruk.

    Lebih-lebih kalo delaynya lama :( sampe hari berikutnya Akkk ,,πŸ˜‚πŸ˜‚

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah iya, mbak😒 Bisa ngrusak mood banget dan ngerusak jadwal gituπŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚. Salam kenal, mbak 😊😊

      Delete

Pembaca yang budiman, kindly gimme apapun pendapat atau komentar kamu tentang artikel saya. Tulisan ini tanpa komentar kamu, kayak mahasiswa akhir tanpa skripsi. Ada yang kurang gitu, yak.

Terimakasih atas kunjungan dan segala apresiasinya. Selamat berkarya :)