4 Sayuran yang Wajib Dihindari Jika Kamu Ingin Langsing

By Friday, April 06, 2018 ,

Seperti yang kita tahu, sayuran merupakan sumber vitamin dan protein yang baik untuk kesehatan tubuh bahkan seringkali menjadi konsumsi saat diet. Well, bisa dibilang selain dengan berolahraga kita juga bisa membakar lemak lewat konsumsi sayur-sayuran, gitu. 

Namun, tahukah kamu, bahwa tidak semua sayuran baik untuk menurunkan berat badan, loh! Mungkin selama ini tidak banyak orang yang tahu jenis sayuran apa yang dapat diandalkan saat diet ataupun tidak. 

Menurut penelitian dari boldsky, ada beberapa jenis sayuran yang justru bisa membuat tubuh menjadi gemuk, bukan melangsingkan. Ini tentu kurang baik bila dikonsumsi ketika sedang diet. Apa saja, sih, sayuran - sayuran tersebut? Yuk, simak selengkapnya dibawah ini (~ ^ ^)~

4 Sayuran yang Wajib Dihindari Jika Kamu Ingin Langsing
4 Sayuran yang Wajib Dihindari Jika Kamu Ingin Langsing[1]

1. Kentang

Tak banyak yang tahu bahwa kentang ternyata dapat menyebabkan obesitas atau kegemukan. Hal ini disebabkan oleh kandungan pati yang ada di dalamnya. Jika dikonsumsi dalam jumlah banyak, maka akan memicu naiknya berat badan serta meningkatnya kadar kolesterol.

Oh, ya, hal ini makin parah jika disajikan dengan cara digoreng. Tentu saja kandungan lemaknya akan semakin tinggi dan dapat menggagalkan program dietmu. Jadi sebagai pilihan makanan pengganti nasi saat diet, usahakan memakai kentang rebus saja, ya.

Kentang juga mengandung karbohidrat yang bisa berubah menjadi gula dalam tubuh. Sebenarnya, gula ini nantinya akan berubah menjadi energi. Tapi, bila berlebihan bisa menjadi lemak apalagi jika kamu tidak berolahraga setelah mengonsumsinya.

Selain itu, kentang juga dapat memicu lemak trans yang dapat memicu meningkatnya jumlah kolesterol jahat dan menurunkan kolesterol baik pada tubuh. Jenis lemak ini tidak hanya menambah berat badan tapi juga bisa meningkatkan resiko penyakit jantung, kanker, diabetes dan gangguan saluran darah. 

Notes: untuk lebih amannya sebaiknya hindari konsumsi kentang secara berlebihan saat diet, ya.

2. Kembang kol

Sayuran ini bisa dibilang kaya serat, namun sayuran ini mengandung riffinose yang cukup tinggi. Riffinose ini sejenis gula dengan kandungan kompleks, yakni zat yang sulit dicerna oleh lambung. Kandungan serat pada kembang kol juga menyebabkan diare, meskipun gejala ini bisa disebabkan oleh bakteri dan sebagainya.

Selain itu, kembang kol mengandung senyawa yang dapat menghalangi penyerapan yodium sehingga dapat menurukan metabolisme tubuh. Hal ini secara otomatis akan menyulitkanmu dalam menurunkan berat badan. 

Oh, ya, serat pada kembang kol yang tinggi membuat saluran usus harus bekerja ekstra untuk mencernanya. Jadi, meskipun tinggi serat bukan berarti dapat mengenyangkan mu dalam waktu lama tapi justru dapat mengakibatkan gejala kembung.

3. Kacang polong

Jika biasanya kacang dikenal baik dalam membantu menurunkan berat badan, berbeda dengan kacang polong. Mengonsumsi jenis kacang ini terutama kacang polong beku atau kalengan tidak berpengaruh dalam menurunkan berat badan.

Hal ini disebabkan karena jenis kacang polong ini mengandung zat aditif serta natrium yang justru dapat membahayakan tubuh. Jadi, memilih kacang yang tepat untuk menurunkan berat badan juga patut diperhatikan karena bagaimanapun makanan dingin kurang baik dikonsumsi sekalipun itu buah maupun sayuran.

4. Jagung

Sebagian orang menganggap jagung efektif melancarkan pencernaan dan terbukti ampuh untuk menurunkan berat badan. Itu kenapa jagung seringkali dijadikan sebagai makanan pengganti nasi saat diet. Nyatanya, bila dikonsumsi secara berlebihan jagung justru tidak bermanfaat untuk menurunkan berat badan, loh. Penyebabnya adalah adanya kandungan frukosa pada jagung yang cukup tinggi.

❤❤❤

The conclusion is...

Meskipun berbagai sayuran diatas mengandung banyak vitamin, namun untuk urusan menurunkan berat badan, sayur-sayuran tersebut tidak masuk dalam kategori menu diet. Jadi, tidak ada salahnya jika kamu mengurangi konsumsi sayuran tersebut.

Ingat, yang perlu diingat adalah segala hal yang berlebihan tidak baik untuk kesehatan. Sekalipun itu makanan sehat. Alasannya karena manusia memang memiliki batas konsumsi setiap harinya. Baik kalori, cairan tubuh serta karbohidrat dan sebagainya.

Sekarang, sudah tahu, kan? Yuk, yang sedang diet, jika kamu pengonsumsi aktif sayuran di atas, mulai mencoba mengurangi, ya~


Salam hangat,


dari Probolinggo yang sedang adzan Dhuhur!


❤❤❤


Source pic: 
[1] ny.racked.com/2016/4/1/11338780/gigi-hadid-rihanna-kendall-jenner-hailey-baldwin-kate-winslet
[2] www.pinterest.com.au/pin/113504853086090925/

You Might Also Like

0 Comments

Pembaca yang budiman, kindly gimme apapun pendapat atau komentar kamu tentang artikel saya. Tulisan ini tanpa komentar kamu, kayak mahasiswa akhir tanpa skripsi. Ada yang kurang gitu, yak.

Terimakasih atas kunjungan dan segala apresiasinya. Selamat berkarya :)