Yaelah, Gak Level!

By Sunday, February 03, 2019 ,

Yaelah, Gak Level!

"Yaelah, gak level, lah, aku kalau dibandingin sama anak modal cantik, suka umbar aurat, dan (menyebutkan hal duniawi)."

Pernah dalam posisi candaan atau emosi, terungkap kata 'Gak Level' dalam pembicaraan kalian? Saya pernah sekali. Seingat saya memang sakali, baru kemarin, dalam posisi emosi yang agak memuncak. Karena kekecewaan yang dalam. Dan pertahanan diri karena memang merasa 'lebih tinggi'. Sombong? Bukan. In the name of defense.

Sekarang, saya ingin membahas ungkapan ini sebagai refleksi diri agar tidak terulang secara sadar ataupun tidak sadar mengucapkannya. Jadi, dalam kondisi tenang sekarang, saya sadar bahwa memang ungkapan tersebut rasanya terkesan terlalu meremehkan keduniawian seseorang.

Rasanya melangit, tapi lupa bahwa kaki masih berpijak di bumi.

Tapi, gimana, donk, kadang kan butuh defense juga buat mempertahankan harga diri ataupun keyakinan?

Iya, memahami pula dengan hal tersebut. Memang dalam kondisi tertentu, manusiawi bila terasa tersakiti, manusia melakukan pertahanan diri, termasuk dengan mengungkapkan hal tersebut.

Tapi...

Kembali, ketika tersakiti, ada hal lain yang bisa dilakukan tanpa harus menyakiti orang lain pula, kan. Misal, berjuang untuk lebih sukses akhirat dan duniawi yang intinya mengarah ke perbaikan diri. Memandang orang lain sebelah mata bukan solusi yang baik, rasanya, untuk membalas keburukan.

Seandainya, nih, seandainya, pilihan terakhir adalah dengan memandang rendah orang lain, maka menurut saya, tidak ada bedanya apa yang ada pada diri kita dengan apa yang ada di diri mereka. Menjadi baik tidak pernah ada salahnya.

Pada kesimpulannya, saya tetap tidak menilai orang-orang yang 'memandang rendah orang lain' sebagai pribadi yang kurang baik. Tapi, jika bisa, saya tidak ingin memiliki pandangan seperti itu. Menjadi bijaksana memang tidak mudah, tapi bisa dilatih dan dibiasakan.

Mari berproses dengan jalan yang baik~

You Might Also Like

0 Comments

Terimakasih atas kunjungan dan segala apresiasinya. Silakan tinggalkan pesan di kolom komentar jika memang ada yang perlu didiskusikan ^ ^

Jika memerlukan informasi urgent, boleh sapa saya di email karena saya cukup aktif pula di sana :).

My Alakadabra

12 Oktober 2019 : Semesta akan memberikan jawaban yang baik di waktu yang baik.

Blogger Perempuan