Ayo Cek Gizi : Aplikasi Keren untuk Cek Kandungan Jajanan Anak Sekolah

By Wednesday, September 04, 2019 ,

Ayo Cek Gizi : Aplikasi Keren untuk Cek Kandungan Jajanan Anak Sekolah
Ayo Cek Gizi : Aplikasi Keren untuk Cek Kandungan Jajanan Anak Sekolah

Bagi orang tua, menjaga nutrisi makanan anak adalah hal yang sangat penting di masa pertumbuhan. Selain makanan pokok sehari-hari, jajanan anak sekolah juga tentu menggugah selera anak. Tampilan yang menarik serta rasa yang enak pasti menggoda anak-anak untuk membelinya.

Meskipun begitu, sebagai orang tua ataupun kakak, kita tidak boleh semerta-merta membelikan jajanan sekolah kepada anak-anak. Selain kita tidak tahu kandungannya, kita juga tidak bisa memastikan kebersihan bahan dan cara pengelolaannya.

Terkait kandungan jajanan sekolah, BPOM telah mendapatkan temuan bahwa 32%  jajanan sekolah mengandung bahan berbahaya, meliputi formalin, rhodamin B, boraks, dan methanil yellow. Temuan ini didapat dalam Aksi Nasional Jajanan Pangan Anak Sekolah di 23.500 Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah.

Cek Kandungan Jajanan Anak Sekolah di Aplikasi Buatan BPOM

Oleh karenanya, kita sebagai orang tua setidaknya harus berusaha mengontrol jajanan anak sekolah yang dikonsumsi. Ternyata, Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) menjawab kegelisahan para orang tua ini dengan membuat aplikasi keren!

Tak banyak tahu memang, namun faktanya aplikasi ini sudah ada sejak tahun 2016 lalu dengan nama ‘Ayo Cek Gizi PJAS (Pangan Jajanan Anak Sekolah)’ atau lebih mudah ditemukan dengan kata kunci ‘Ayo Cek Gizi’

Aplikasi ini dibuat untuk membantu para orang tua memperluas pengetahuannya tentang jumlah asupan gizi yang seharusnya dikonsumsi anak usia 6 sampai 13 tahun, serta mengukurnya. Jenis makanan bisa diketahui kandungannya lewat aplikasi ini secara lengkap.

Aplikasi ini sudah mencakup :

  • Informasi dari 87 jenis makanan sepinggan (makanan utama), 69 cemilan atau kudapan, 19 minuman, dan 35 buah-buahan;
  • Dilengkapi juga dengan persentase Angka Kecukupan Gizi (AKG) yang menampilkan kadar lemak, protein, karbohidrat, serat, kalsium, dan lainnya;
  • 5 halaman lainnya yang bisa anda pilih untuk mengecek segala info tentang asupan gizi anak. Yakni halaman menu, halaman informasi pangan jajanan anak sekolah (PJAS), halaman status gizi, halaman menu harian, dan halaman riwayat asupan gizi.


Cara Mengunduh Aplikasi Cek Kandungan Jajanan Anak Sekolah

1. Unduh aplikasi via Play Store di smartphone berbasis Android, buka aplikasi, dan isi data diri anak, berupa : nama, jenis kelamin, tanggal lahir, serta tinggi dan berat badan.

2. Pilih jenis makanan yang dikonsumsi anak dalam satu hari. Informasi tentang kandungan jajanan anak sekolah yang dikonsumsi akan muncul dalam bentuk persen AKG.

3. Sistem akan menyesuaikan usia, berat dan tinggi badan, dengan asupan gizi yang dibutuhkan beserta saran berat badan idealnya.

Pilihan ini tersedia pada halaman status gizi. Jika anak memiliki berat badan yang kurang ideal, maka status gizi yang timbul adalah obesitas atau gemuk. Kemudian ditampilkan pula info berat badan ideal yang sesuai dengan usia dan tinggi badan anak tersebut, lengkap dengan saran untuk menurunkan atau menaikkan berat badan.

Ini saatnya anda memantau perkembangan gizi dan pertumbuhan anak secara maksimal. Aplikasi ini mungkin bisa membantu anda. Selain itu, anda juga bisa menjadikan jajanan anak sekolah sebagai peluang usaha, dengan menawarkan pengolahan jajanan yang sehat agar berbeda dengan yang lain.

Yuk, baca infonya di link berikut:
https://www.cekaja.com/info/ide-usaha-jajanan-anak-sekolah-yang-beromzet-jutaan-rupiah/


Source pic: http://standarpangan.pom.go.id/berita/aplikasi-ayo-cek-gizi-pangan-jajanan-anak-sekolah-pjas

You Might Also Like

0 Comments

Terimakasih atas kunjungan dan segala apresiasinya. Silakan tinggalkan pesan di kolom komentar jika memang ada yang perlu didiskusikan ^ ^

Jika memerlukan informasi urgent, boleh sapa saya di email karena saya cukup aktif pula di sana :).

My Alakadabra

19 November 2019 : Seringkali, berbuat baik tidak ada salahnya.

Blogger Perempuan