Yuk, Cek! 7 Daftar Buah untuk Menurunkan Kolesterol

By Sunday, September 01, 2019 ,

Yuk, Cek! 7 Daftar Buah untuk Menurunkan Kolesterol
Yuk, Cek! 7 Daftar Buah untuk Menurunkan Kolesterol

Halo, di sini ada yang hobi banget makan gorengan atau yang bersantan? Kalau iya, coba mulailah belajar mengubah pola makanmu. Kenapa?

Makanan yang mengandung minyak berlebih dan santan dapat memicu tingginya kolesterol. Penumpukan kolestrol berlebih, dapat menjadi sumber penyakit berbahaya seperti jantung, stroke, dan gagal ginjal. Sebenarnya, kolesterol dimiliki oleh setiap manusia karena ia berbentuk senyawa lemak kompleks yang tersebar di berbagai jaringan tubuh.

Kolesterol memiliki 2 jenis, high density lipoprotein (HDL) dan low density lipoprotein (LDL) :
HDL adalah kolesterol baik dan bertugas menampung lemak dalam pembuluh darah, sehingga pembuluh darah kembali bersih dari tumpukan lemak.

LDL atau kolestenrol jahat adalah kebalikannya yang mana lemak ini akan terus mengendap dan memicu tingginya angka kolesterol dalam tubuh. 

Penderita kolesterol tinggi biasanya dianjurkan untuk mengonsumsi beberapa sayur dan buah yang bermanfaat untuk menurunkan kolesterol. Dilansir dari doktersehat.com, berikut ini daftar 7 buah penurun kolesterol. Yuk, langsung di cek!

1. Mangga

Buah manis ini merupakan pilihan tepat bagi pederita kolesterol tinggi. Kandungan vitamin C dan serat didalam mangga dinilai mampu mencegah kolesterol jahat teroksidasi dan mengurangi tekanan kolesterol yang masuk ke dalam aliran darah.

2. Anggur

Kandungan dari antioksidan quercetin serta senyawa flavonoid yang dipercaya mampu melawan radikal bebas dan mencegah penggumpalan darah di dalam tubuh. Tidak hanya itu saja, ajaibnya anggur juga memiliki zat catechin untuk menaikan kolesterol baik (HDL) sekaligus menurunkan kolesterol jahat (LDL).

3. Pisang

Buah yang selalu tersedia dalam berbagai acara dan mudah untuk dicari ini ternyata memiliki segudang manfaat baik untuk tubuh, loh. Bagaimana tidak, serat pisang dikatakan mampu mengurangi kadar kolesterol jahat dan menghambat tumbuhnya plak pada dinding pembuluh darah.

4. Alpukat

Meskipun alpukat memiliki kandungan lemak yang cukup tinggi dibandingkan dengan buah lainnya, tetapi alpukat bisa menjadi menu sehat untuk menurunkan kolesterol. Hal ini dikarenakan kandungan lemak tak jenuh, beta-sitosterol, dan glutathione yang mampu menurunkan kadar kolesterol jahat serta baik untuk mencegah terjadinya penyakit jantung.

5. Pir

Pir adalah salah satu buah yang tinggi akan serat alami dan cocok dikonsumsi rutin setiap harinya. Serat pektin didalam pir mampu menurunkan kadar kolesterol jahat dan membantu melancarkan buang air besar. Untuk mendapatkan kebutuhan serat alami, kamu bisa mengonsumsi satu buah pir berukuran sedang setiap harinya.

6. Pepaya

Buah yang dikenal baik untuk pencernaan ini ternyata mampu menurunkan kadar kolesterol jahat. Vitamin C, E dan likopen berkhasiat baik apalagi bila menyatu dengan enzim paraxonase yang mana bisa menghambat terjadinya oksidasi kolesterol di dalam darah. Bahkan bijinya pun bisa kamu konsumsi dengan cara diblender dan diminum layaknya jus. Ekstrak biji pepaya dinilai bermanfaat sebagai antioksidan dalam darah yang mengandung alkaloid,tanin, flavonoid, dan antrakuinon yang baik untuk tubuh.

7. Kiwi

Ternyata, kiwi mampu meningkatkan kolesterol HDL ini nyatanya sangat baik untuk kamu konsumsi selama satu minggu rutin. Vitamin C dan E, serta polifenol yang ada dalam kiwi bermanfaat untuk meningkatkan sistem peredarah darah atau kardiovaskular.

---

Nah, itu tadi 7 daftar buah penurun kolesterol yang wajib kamu konsumsi secara rutin. Menjaga kesehatan tubuh sudah sepatutnya dilakukan agar terhindar dari beragam penyakit serius. Untuk informasi lain mengenai makanan penurun kolesterol bisa kamu cek melalui laman situs https://www.cekaja.com/info/ini-daftar-makanan-penurun-kolesterol-cek-yuk/.


Source pic : www.puntoycoma.pe

You Might Also Like

0 Comments

Terimakasih atas kunjungan dan segala apresiasinya. Silakan tinggalkan pesan di kolom komentar jika memang ada yang perlu didiskusikan ^ ^

Jika memerlukan informasi urgent, boleh sapa saya di email karena saya cukup aktif pula di sana :).

My Alakadabra

12 November 2019 : Thanks, God.

Blogger Perempuan