Mengenal Operasi Lutut yang Harus Kita Ketahui

By Thursday, November 14, 2019 ,

Mengenal Operasi Lutut yang Harus Kita Ketahui
Mengenal Operasi Lutut yang Harus Kita Ketahui

Tahukah Kamu tentang Operasi Penggantian Lutut?

Operasi penggantian lutut merupakan prosedur medis yang dilakukan dengan cara penggantian sendi yang sudah rusak dengan sendi lutut buatan (prostetik). Tujuan dari adanya operasi ini adalah untuk menghilangkan nyeri dan mengembalikan fungsi sendi lutut, sehingga pasien tetap dapat menggunakan lututnya seperti biasa.

Sebelum menjalani operasi lutut, pasien terlebih dahulu akan menjalani pengobatan non bedah. Pengobatan tersebut dapat berupa pemberian obat-obatan ataupun pemberian alat penyangga untuk membantu pasien beraktivitas menggunakan lututnya. 

Jika metode pengobatan non bedah sudah tidak efektif meredakan nyeri dan meringankan keluhan, pasien dapat menjalani operasi penggantian lutut. Dokter akan menginformasikan kepada pasien kapan dapat menjalani prosedur ini.

Sendi lutut pasien yang sudah rusak akan diganti menggunakan sendi prostetik yang terbuat dari bahan logam. Melalui operasi penggantian lutut, dokter akan mengganti ujung dari tulang paha, tulang kering, tulang betis, dan tulang tempurung lutut dengan prostetik tersebut. Pasien yang menjalani prosedur ini biasanya adalah pasien berusia lanjut atau pasien yang menderita radang sendi berat.

Apa itu Osteoartritis?

Penyakit ini dikenal juga sebagai artritis degeneratif atau degeneratif sendi adalah kondisi dimana sendi terasa nyeri akibat inflamasi ringan yang timbul karena gesekan ujung-ujung tulang penyusun sendi.

Pada bagian sendi, dalam suatu jaringan tulang rawan ada yang disebut kartilago dan biasanya menutup ujung-ujung tulang penyusun sendi. Selaint itu, ada lapisan cairan sinovial dan berada di antara tulang-tulang tersebut. Fungsi dari cairan ini adalah sebagai bahan pelumas yang mencegah bagian ujung-ujung tulang tersebut saling bergesekan dan saling mengikis satu dengan lainnya.

Indikasi Operasi Penggantian Lutut

Penyebab umum seseorang harus menjalani operasi penggantian lutut adalah munculnya radang sendi. Namun, kita tetap harus mengetahui peradangan yang terjadi dikarenakan jenisnya yang cukup banyak. Di bawah ini adalah beberapa jenis peradangan sendi lutut yang perlu kamu tahu, yaitu:

  • Rheumatoid artritis :  terjadi ketika sendi lutut seseorang mengalami radang kronis akibat penyakit autoimun yang menyebabkan lutut menjadi sulit berfungsi.
  • Osteoarthritis :  terjadi ketika sendi lutut seseorang mengalami peradangan yang diakibatkan penambahan usia (degenerasi). Kondisi ini kebanyakan dialami oleh usia lanjut. Walaupun tidak menutup kemungkinan diderita oleh usia muda.
  • Artritis pasca trauma (post-traumatic arthritis) : terjadi akibat cedera serius pada sendi lutut.
Penderita radang sendi lutut akan kesulitan saat beraktivitas, terutama untuk kegiatan yang menggunakan lutut sebagai tumpuannya. Misal, kegiatan berjalan, menaiki tangga, bangun dari posisi duduk, berjongkok, dan tidur. Untuk kasus radang sendi lutut yang sudah parah, bahkan pasien akan merasakan kesakitan untuk kegiatan yang tidak menggunakan lututnya. Misal, ketika beristirahat.

Kapan Kamu Harus Berkonsultasi ke dokter.my?

Pasien yang mengalami keluhan radang sendi lutut pasti akan datang ke dokter lokal terdekat dan melakukan beberapa tes. Namun, jika kamu merasa butuh pendapat lain atau second opinion dari profesional, kamu bisa mencoba menghubungi dokter.my dengan mudah melalui layanan telepon, Aplikasi WhatsApp, juga dapat melalui website dengan menyertakan rekam medis Anda (X-ray, MRI).

Seperti apa dokter.my? Yuk, lihat penjelasan singkatnya melalui video berikut: 


---

Source pic: https://www.halodoc.com/ketahui-tindakan-operasi-untuk-atasi-sakit-lutut

You Might Also Like

2 Comments

  1. pernah ngalamin post-traumatic arthritis akibat jatuh dari motor bbrp tahun lalu. lutut membentur aspal. Alhamdulillah sekarang sudah pulih kembali. Nice share mbak. thanks infonya
    --
    Travel Jember Juanda

    ReplyDelete
    Replies
    1. Allahu :") Semoga ke depannya kita dijauhkan dari semacam ini, nggeh, Mbak :") Terima kasih sudah mampir, Mbak.

      Delete

Terimakasih atas kunjungan dan segala apresiasinya. Silakan tinggalkan pesan di kolom komentar jika memang ada yang perlu didiskusikan ^ ^

Jika memerlukan informasi urgent, boleh sapa saya di email karena saya cukup aktif pula di sana :).

My Alakadabra

7 Desember 2019 : Tetaplah menjadi baik dan bijaksana, apapun yang terjadi.

Blogger Perempuan