5 Tips Melunakkan Frozen Food yang Benar

By Friday, February 14, 2020

5 Tips Melunakkan Frozen Food yang Benar
5 Tips Melunakkan Frozen Food yang Benar
Semakin berkembangnya zaman, masyarakat lebih menyukai makanan yang dapat disajikan dengan cepat. Untuk itu, beberapa keluarga memilih untuk membeli frozen food atau makanan beku sebagai persediaan makanan mereka. Jika kamu adalah salah satunya, sudahkah kamu mengetahui bagaimana cara melunakkan frozen food yang dianjurkan?

Di bawah ini adalah 5 tips melunakkan frozen food yang benar agar bakteri jahat tidak menyerang makananmu:

1. Jangan Simpan di Suhu Ruangan

Bakteri dalam makanan dapat berkembang pada suhu 5˚ C sampai dengan 60˚C. Sedangkan, suhu ruangan di Indonesia, umumnya berada di suhu 20˚C sampai dengan 25˚C. Daging beku yang ditaruh dalam suhu ruangan memang dapat cepat melunak dalam eberapa jam. Namun, ini menjadi kesempatan bakteri untuk berkembang biak di makananmu, termasuk bakteri E. Coli yang tidak dapat mati walaupun dimasak dengan suhu tinggi (> 100°C). Waktu terlama membiarkan makanan beku di suhu ruangan tidak lebih dari dua jam.

2. Cairkan di Area Chiller

Melunakkan daging beku bisa dilakukan dengan memindahkan daging dari freezer ke rak kulkas atau chiller. Memang dari segi waktu, melunakkan daging beku dengan cara ini memakan waktu lebih lama, sekitar 8 – 24 jam. Namun, cara ini aman dikarenakan masih dalam suhu dimana daging tidak bisa berkembang. Selain itu, daging akan melunak secara merata dan bersamaan.

Bahkan, The United States Department of Agriculture atau Kementrian Pertanian Amerika menyebutkan proses ini menghasilkan makanan yang aman dan nantinya dapat kembali dibekukan di freezer. Makanan beku yang bisa dilunakkan dengan cara ini, antara lain daging utuh, daging giling, ayam, dan makanan laut.

3. Rendam Dalam Air Dingin

Frozen food, seperti chicken nugget, sosis, sayuran, ataupun buah beku dapat dicairkan di air dingin. Kamu dapat membungkusnya terlebih dahulu dalam plastik rapat atau dalam keadaan kemasan masih tersegel utuh. Rendam dalam semangkuk air dingin hingga benar – benar terendam sepenuhnya. Waktu yang kamu butuhkan sekitar 30 menit dan makanan siap untuk diolah!

4. Rendam Dalam Air Panas

Selain dengan air dingin, kamu bisa juga melunakkan frozen food ke dalam air panas, minimal 60° C. Merendam dengan cara ini dapat mempercepat proses pelunakan makanan tanpa merubah rasa dan teksturnya. Tentu, setelah makanan dirasa sudah melunak secara sempurna, segeralah untuk mengolahnya.

5. Hindari Melunakkan dengan Microwave

Melunakkan makanan dengan microwave memang adalah jalan pintas dalam keadaan terdesak. Namun, cara ini akan menghasilkan pelunakan yang tidak merata dan berpotensi memicu bakteri berkembang. Jadi, jika memang kamu membutuhkan makanan bekumu melunak dengan cepat, kamu bisa menggunakan cara no 3 atau no 4, ya!

Nah, dari kelima hal tersebut semoga membantumu saat mengolah makanan beku. Tetap sehat dan perhatikan kondisi makanan bekumu setelah pelunakan dilakukan. Selamat memasak!

---

Tulisan ini diikutsertakan sebagai salah satu pendaftaran content writer di www.kitchenofindonesia.com.



Reference: 
https://sukamasak.com/artikel-tips/2014/05/bagaimana-melelehkan-frozen-food

Source pic: 
jualo.com/kebutuhan-rumah-tangga-makanan/iklan-frozen-food-cedea-palembang

You Might Also Like

0 Comments

Terimakasih atas kunjungan dan segala apresiasinya. Silakan tinggalkan pesan di kolom komentar jika memang ada yang perlu didiskusikan ^ ^

Jika memerlukan informasi urgent, boleh sapa saya di email karena saya cukup aktif pula di sana :).

Disclaimer

Blog ini tidak merepresentasikan instansi tempat dimana penulis mengabdi, karena mayoritas konten adalah hasil kolaborasi dengan manusia-manusia baik hati :)
Blogger Perempuan