Nikmatnya Belalang Goreng Khas Hutan Gunung Kidul

By Thursday, February 13, 2020 ,

Nikmatnya Belalang Goreng Khas Hutan Gunung Kidul
Nikmatnya Belalang Goreng Khas Hutan Gunung Kidul
Melakukan perjalanan ke luar daerah, selain untuk menikmati pemandangannya, kamu pasti harus banget mencicipi kuliner khas daerah tersebut, bukan. Beberapa bulan yang lalu, aku sempat ke daerah Jogjakarta dan mengunjungi Pantai Parangtritis. Untuk menuju lokasi tujuan, rombonganku menggunakan bus pariwisata dan melewati kawasan hutan.

Di tengah perjalanan ke sana, kami berhenti di pusat oleh – oleh dan tahukah kamu apa yang kubeli?

Aku membeli beragam olahan belalang khas Gunung Kidul, Jogjakarta. Ada belalang goreng balado, belalang goreng original, dan belalang krispi (yang dicampur dengan tepung). Kenapa belinya olahan belalang? Tentu saja karena olahan ini jarang sekali ditemukan di daerahku dan aku ingin mencoba keunikan cita rasa makanan dari hutan Jogjakarta. Hehe.

Dari artikel yang kubaca, ternyata olahan belalang bagus untuk dikonsumsi. Memang, kamu juga perlu hati – hati karena beberapa orang bisa mengalami reaksi alergi setelah memakannya. Aku menghabiskan dua toples belalang goreng dan satu bungkus belalang krispi. Untuk olahan belalang, aku lebih suka belalang goreng rasa balado. 

Apa, sih, Manfaat dari Belalang Goreng?

1. Mencerdaskan Otak
Kandungan protein yang cukup tinggi baik untuk perkembangan otak, termasuk di masa pertumbuhan buah hati. Dengan konsumsi protein yang cukup, kebutuhan saraf pada otak dapat terpenuhi, sehingga buah hati dapat mudah menyerap informasi.

2. Meremajakan Kulit
Selain protein, belalang juga mengandung vitamin E yang bagus untuk menjaga kesehatan kulit. Cocok untuk kamu yang sudah butuh anti aging, nih. Selain perawatan dari luar, kamu tentu juga perlu memenuhi kebutuhan vitamin E dari dalam juga.

3. Merawat Kesehatan Tulang dan Gigi
Rupanya, kandungan pada belalang goreng tak hanya protein dan vitamin E saja, tapi juga mengandung kalsium, magnesium, potasium, sodium, fosfor, zat besi, zinc, dan mangan. Kandungan – kandungan tersebut dapat merawat kesehatan tulang dan gigi, serta mengurangi nyeri punggung pada ibu hamil.

4. Baik untuk Perkembangan Janin
Protein, kandungan mineral, vitamin lengkap, serta asam lemak esensial yang terdapat pada belalang goreng dapat membantu perkembangan janin dalam perut bunda. Namun, ada baiknya Bunda tetap berkonsultasi kepada dokter kandungan terlebih dahulu, ya, untuk jumlah porsi yang bisa dikonsumsi.
---

Nah, di sini, sempat terlintas, apakah belalang yang dijual di daerah Gunung Kidul adalah belalang kebun yang kecil – kecil dan biasa kita lihat di taman kita? Bukan, dong. Belalang goreng yang umumnya dijual adalah belalang kayu yang ukurannya cenderung lebih besar, jika dibandingkan dengan belalang taman. Belalang tersebut banyak ditemui di dahan pohon jati atau di semak-semak yang tumbuh di Gunung kidul.

Belalang goreng biasa dijadikan lauk pauk oleh masyarakat sekitar dan menyantapnya dengan nasi. Rasanya kriuk – kriuk, mirip ketika makan udang goreng. Kebayang gak, gimana jadinya kalau hutan di Gunung Kidul sudah gundul dan masyarakat tidak bisa lagi mendapatkan belalang kayu dengan mudah? 😢

Sebagai masyarakat yang sadar akan lingkungan, ada baiknya kamu mulai berbijaksana turut serta melestarikan alam, ya. Langkah kecil yang bisa kamu lakukan adalah dengan hemat energi listrik, tidak melakukan perburuan hewan liar, mengontrol konsumsi kertas ataupun air, dan sebagainya. Mulailah dari langkah kecil dan dari diri sendiri.

Atau, bergabunglah di sebuah organisasi yang bergerak di lingkungan, salah satunya WALHI. Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (WALHI) adalah organisasi lingkungan hidup independen, non-profit terbesar di Indonesia. Organisasi ini merupakan wadah untuk masyarakat luas berpatisipasi aktif secara nyata dalam upaya menjaga kelestarian alam. Selain itu, juga banyak sekali kegiatan yang disasar kepada anak muda, mulai dari sekolah alam, summit tentang lingkungan, dan sebagainya.

Serius, belalang goreng beneran makanan enak yang bakal nagihin dan selalu ingin kubeli kalau kembali lagi ke sana. Sedih aja kalau suatu saat belalang goreng udah sulit dijumpai. Kamu juga harus banget nyobain belalang goreng khas Gunung Kidul. Jadi, tolong, jika kamu memang orang sekitar Gunung Kidul, yuk, jaga bersama lingkungan hutan di sana. Kurangi penebangan pohon liar dan jangan membakar sampah di hutan 😢.

Jangan jadikan hobi bergunungmu menjadi alasan untuk menambah sampah di gunung. Berbijaklah dengan semesta, maka semesta akan memberikan yang kamu butuhkan. Karena hutan seisinya adalah sumber pangan manusia 😚

---


Source pic:
https://travel.tribunnews.com/2018/05/18/jadi-oleh-oleh-khas-gunungkidul-siapa-sangka-harga-belalang-goreng-tembus-segini-per-kilogramnya


You Might Also Like

0 Comments

Terimakasih atas kunjungan dan segala apresiasinya. Silakan tinggalkan pesan di kolom komentar jika memang ada yang perlu didiskusikan ^ ^

Jika memerlukan informasi urgent, boleh sapa saya di email karena saya cukup aktif pula di sana :).

My Alakadabra

13 Februari 2020 : "Jadilah baik dan bijaksana."

Blogger Perempuan