7 Platform Rekomendasi untuk Jobseeker - Freshgraduate

By Friday, June 12, 2020

7 Platform Rekomendasi untuk Jobseeker - Freshgraduate

Hai, bagi kalian freshgraduate yang sedang mencari kerja, pernah lelah kenapa panggilan kerja tak juga kunjung datang? :) Aku pernah di posisi itu. Yang memang harus menunggu lebih lama untuk mendapatkan sesuatu yang kumau.

Nah, di sini, aku mau share 7 platform rekomendasi untuk jobseeker - freshgraduate based on pengalaman. Ini bisa jadi cocok untukku, tapi belum tentu cocok untukmu. Tapi, ikhtiar tidak pernah ada salahnya, bukan. Jadi, semangat!

1. Linkedin

Platform Linkedin, menurutku semacam facebook, tapi digunakan untuk mencari kerja dan menghubungkanmu dengan circle yang sesuai. Kamu bisa mengunggah cv, skill, upgrade skill, dan lainnya. Kamu tentu juga bisa mendapatkan informasi lowongan pekerjaan dari orang-orang yang kamu follow.

2. Kalibrr

Belakangan kemarin, Kalibrr juga sangat kurekomendasikan jika tujuan kerjamu adalah BUMN ataupun unicorn. Karena platform ini cukup banyak bekerja sama dengan perusahaan-perusahaan tersebut. Positifnya, kamu akan mendapatkan jawaban tentang pendaftaranmu di platform tersebut, sehingga tidak akan terkesan php. Kurangnya, kamu memang harus sabar menunggu karena sekalinya kamu ditolak, kamu tidak bisa langsung mendaftar di peluang yang sama.

3. Indeed

Baru-baru ini, sih, aku mendaftar di Indeed dan mendaftarkan email untuk mendapatkan langganan. Menurutku, lowongan pekerjaan di web ini cukup update dan beberapa juga berasal dari perusahaan impianku.

4. Telegram

Aplikasi Telegram memungkinkan sebuah grup memiliki banyak sekali anggota grup, bisa sampai 100 lebih. Dan pencarian keywordnya memang bisa secara umum. Dalam artian, jika kamu sedang mengikuti suatu rekrutan dan kamu bingung mencari teman untuk bertukar informasi, cobalah untuk mengunduh aplikasi ini. Kemudian, carilah di pencarian rekrutan apa yang kamu cari. Dan taraaa, you will find your new friend there! Oh, ya, telegram juga berguna waktu kamu males ikut jobfair, karena grupmu akan ramai dengan kiriman foto lowongan kerja dari jobfair yang sedang dilaksanakan.

5. Jobstreet

Website Jobstreet yang sudah dilengkapi dengan aplikasi ini pertama kali kuketahui dari salah satu rekrutmen perusahaan (di job fair) dan harus mendaftar melalui akun ini. Bagi kamu yang memang menyasar perusahaan swasta, kamu bisa mencoba akun ini.

6. Website Official Instansi

Ini yang gak boleh kamu lewatkan, ya. Kamu harus punya list perusahaan impianmu dan cari tau website rekrut officialnya. Karena kadang, instansi pun tidak menyebarkan melalui sosial media dan hanya terinfo melalui website mereka. Rajin-rajin buka website tersebut dan persiapkan cv ataupun dokumen lainnya agar persiapanmu lebih siap.

7. Instagram

Percaya atau tidak, instagram juga cukup bisa membantumu dalam mencari informasi pekerjaan. Rekrut calon pegawai BUMN (dan anaknya), BUMS, CPNS, atapun pegawai non CPNS terkadang juga terinfokan dari media ini.

Sebenarnya, banyak media yang bisa kamu coba gunakan. Bisa dari koran, aplikasi/website jobseeker lain, facebook, twitter, dan sebagainya. Lowongan pekerjaan itu banyak sekali, tapi belum tentu semuanya sesuai denganmu. Kamu tetap harus memiliki idealisme dan batasan waktu untuk dirimu sendiri. Ada saatnya memperjuangkan impian, ada saatnya berhenti sejenak untuk bernafas, dan ada saatnya untuk memodifikasi langkahmu sekarang.

Selamat berjuang. Perbanyak sedekah, ya. Karena pekerjaan sejatinya adalah rejeki dari Yang Maha Kuasa yang datangnya tanpa disangka-sangka. Miliki limitmu sendiri, perbanyak syukur, dan ikhlas!

---

Credit pic : https://www.identifiofficeprofessionals.com/news/traits-human-resources-jobseekers/39956/

You Might Also Like

2 Comments

  1. Lowongan kerja yg paling sering saya dapat sih dari grup WA alumni (kuliah dan sma, biasanya) sama dari IG. Selain itu paling nunggu surat cinta ke email dari LiNa Jobstreet haha.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nahtul, mas. Kalau dari kerjanya inline sama jurusan kuliah, memang lebih banyak info dari alumni. Dan LiNa Jobstreet juga sangat membantu ^ ^

      Delete

Terimakasih atas kunjungan dan segala apresiasinya. Silakan tinggalkan pesan di kolom komentar jika memang ada yang perlu didiskusikan ^ ^

Jika memerlukan informasi urgent, boleh sapa saya di email karena saya cukup aktif pula di sana :).

Disclaimer

Blog ini tidak merepresentasikan instansi tempat dimana penulis mengabdi, karena mayoritas konten adalah hasil kolaborasi dengan manusia-manusia baik hati :)
Blogger Perempuan