13 Prinsip Sukses Menjadi Orang Kaya (Think and Grow Rich - Napoleon Hill)

By Sunday, December 13, 2020 , ,

13 Prinsip Sukses Menjadi Orang Kaya (dari Think and Grow Rich - Napoleon Hill)
13 Prinsip Sukses Menjadi Orang Kaya (Think and Grow Rich - Napoleon Hill)
Napoleon Hill (26 Oktober 1883 – 8 November 1970) merupakan seorang penulis Amerika Serikat dengan pemikiran yang modern dan karyanya sering mengusung topik kesuksesan.

Dalam bukunya yang terkenal berjudul Think and Grow Rich (1937), beliau menghabiskan waktu 20 tahun untuk menganalisa 500 orang kaya pada tahun tersebut dan menemukan 13 prinsip berpikir dan menjadi kaya (sukses).

Apakah 13 prinsip berpikir dan menjadi kaya (sukses) saja itu?

1) Keinginan atau Hasrat
Napoleon Hill menyarankan untuk menuliskan keinginan yang bisa dibaca setiap malam dan setiap bangun tidur. Keinginan tersebut merupakan kunci awal dalam menjadi sukses dan harus tertuliskan apa yang diinginkan, metode, ataupun targetnya.

2) Keyakinan
Orang kaya percaya bahwa mereka akan dapat mengatasi kekurangan mereka, seperti kemiskinan ataupun kurangnya pendidikan, dan menjadi sukses. Berbeda dengan orang lain yang langsung down atas kekurangan yang dimiliki.

3) Auto - Sugesti
Berpikirlah dan bertutur kata untuk ke arah yang kamu inginkan. Banyak orang yang tidak bisa mengontrol pikiran negatif mereka ataupun orang-orang sekitar, sehingga mereka tidak bisa keluar dari kekurangannya.

Membuat visualisasi untuk auto-sugesti adalah hal yang penting. Misal, jika kamu seorang calon pengusaha, maka visualisasikan otakmu bahwa pembelinya lebih dari 100 barang perhari. Sehingga, pemikiran positif tersebut akan berdampak pada pikiran alam bawah sadarmu.

4) Pengetahuan Khusus
Pengetahuan umum tidak akan menghasilkan uang, namun pengetahuan khusus akan menghasilkan kekayaan. Jadi, milikilah pengetahuan khusus yang bisa diaplikasikan ke arah kekayaan.

5) Imajinasi
Imajinasikan keinginan dalam sebuah metode yang bisa diimplementasikan. Sehingga, keinginanmu dapat lebih tergambar dengan baik.

6) Perencanaan yang Terorganisir
Dari keinginan yang sudah terimajinasi, tuliskan detail rencana tersebut. Mulai dari apa yang dibutuhkan, siapa yang menjalankan, metode, dan lainnya. Jika rencana tersebut gagal, ubah metode agar keinginanmu dapat tercapai.

7) Keputusan
Orang sukses cepat membuat keputusan dan jarang mengganti keputusan tersebut. Sedangkan, orang gagal jarang membuat keputusan dan sering mengganti keputusan tersebut.

Napoleon Hill menemukan bahwa proses yang digunakan untuk mencapai keputusan adalah hal yang terpenting dibandingkan keputusan itu sendiri. Hill melihat bahwa proses pengambilan keputusan sebagai cara untuk meniadakan penundaan.

8) Kegigihan
Napoleon Hill mengatakan banyak orang sukses yang berawal dari banyaknya kegagalan dan mereka tidak berhenti mencoba. Salah satu contohnya adalah Kolonel Harland Sanders yang resep ayam ayahnya ditolak 1009x oleh banyak orang sebelum akhirnya berdirilah KFC.

9) Grup Mastermind
Bergabunglah dengan orang-orang yang berkeinginan dan bertujuan sama. Dengan begitu, kamu akan mendapatkan percakapan yang fokus dan memperoleh sumbangsih pemikiran dari orang lain yang bertujuan sama. Pertukaran informasi dan ide-ide tersebut memungkinkanmu untuk memperoleh manfaat dari pengalaman ataupun pengetahuan masing-masing individu.

10) Memutasi Keinginan Seks
Orang-orang yang berkeinginan seks besar, cenderung kehabisan energi untuk sukses. Untuk itu, perlu memiliki kemampuan untuk mengalihkan keinginan atau pikiran seks ke arah yang lebih positif.

11) Pikiran Bawah Sadar
Belajarlah untuk mengatur pikiran bawah sadar ke arah energi positif. Gunakan pikiran tersebut untuk memvisualisasikan tujuanmu ke depan dan ikuti firasat alam bawah sadarmu. 

Napoleon Hill mengatakan ada 7 energi positif : keinginan, kepercayaan, cinta, seks, entusiasme, romansa, dan harapan. Sedangkan, 7 energi negatif : ketakutan, kecemburuan, kebencian, balas dendam, keserakahan, takhayul, dan kemarahan. Gunakan sugesti positif agar pikiranmu selalu positif.

12) Otak
Usahakan untuk selalu bergaul dengan orang sukses agar kamu terpacu untuk ikut sukses. Samakan frekuensi agar kamu dapat tertarik ke arah yang sama.

13) Indra Keenam
Setlah kamu bisa melewati 12 prinsip di atas, kamu bisa mendapatkan kebijaksanaan dan memanfaatkan kemampuan tak terbatas untuk memiliki firasat yang mana akan berhasil dan yang mana akan gagal.

Quote Napoleon Hill

---

Referensi:
- Youtube Jamuotak : https://www.youtube.com/watch?v=0bBfLuhTIHE
- https://riyanblues.wordpress.com/2011/09/24/13-prinsip-prinsip-kesuksesan/
- https://id.wikipedia.org/wiki/Napoleon_Hill

Sumber gambar:
- https://www.azquotes.com/author/6711-Napoleon_Hill

You Might Also Like

0 Comments

Terimakasih atas kunjungan dan segala apresiasinya. Silakan tinggalkan pesan di kolom komentar jika memang ada yang perlu didiskusikan ^ ^

Jika memerlukan informasi urgent, boleh sapa saya di email karena saya cukup aktif pula di sana :).

Disclaimer

Blog ini tidak merepresentasikan instansi tempat dimana penulis mengabdi, karena mayoritas konten adalah hasil kolaborasi dengan manusia-manusia baik hati :). Penulis tidak bertanggungjawab jika terdapat tulisan mengatasnamakan penulis (alias copas) di luar blog ini dan ini.
Blogger Perempuan