My Highlight Story in 2020

By Sunday, January 31, 2021



Manusia mudah sekali berencana, tapi jarang sekali melakukan evaluasi terhadap rencana yang dibuat. Lalu lupa dan hilang kendali. Juga, lupa untuk bersyukur dengan apa yang telah dicapai atas rencana sebelumnya. Jadi, di sini, aku ingin berhenti sejenak, untuk mengingat apa-apa yang terjadi pada setahun kemarin dan mensyukuri apa yang luput aku syukuri. Haha.

1. Lolos sebagai Office Development Program (ODP) di perusahaan yang aku impikan

Aku sudah menuliskan rencana untuk resign di tahun 2019 dari pekerjaanku sebelumnya. Karena satu dan lain hal. Bukan karena lingkungannya karena tak dipungkiri, aku sangat bersyukur berada di tengah saudara-saudaraku di sana.

Dan di tahun 2019, aku berhasil resign dan masuk sebagai peserta ODP di salah satu perusahaan yang aku list. ODP ini adalah salah satu incaranku sebagai freshgradute. Dari segi benefit, dan segala hal yang menjadi pertimbanganku. Aku memang berharap besar bisa mendapatkan pekerjaan yang settle, sebelum usia 25 tahunku habis. Karena, perusahaan yang aku kejar, selalu menjadikan usia dan status "belum kawin" sebagai persyaratan. Dan here I am, berada di salah satu list yang aku inginkan.

Satu hal lagi, hamdalah penempatanku berada di unit kerja dengan lingkungan kerja yang kuimpikan. Sekarang, saatnya berhenti mencari dan menjejak karir, karena setiap manusia harus memiliki timeline karirnya masing-masing.

Di titik ini, mungkin aku lebih banyak belajar, orang bekerja dengan berbagai macam alasan dan latar belakang yang berbeda.

"Aku gak betah, resign aja, lah. Gampang nanti cari kerja lain."
"Kamu enak, sih, Fib, cepet dapet kerja."
"Kok bisa, ya, orang nabung banyak, aku gaji cuma asal lewat aja."

Kalimat-kalimat yang pada akhirnya ketika di usiaku sekarang, aku lebih berusaha bijak menanggapinya. Karena tidak semua manusia menggunakan gajinya untuk diri sendiri. Banyak mimpi yang memang harus diraih (dan salah satunya didapatkan dari gaji tersebut), timeline yang jelas, serta pertimbangan dan perhitungan lainnya. Jadi, menjadi dewasa adalah menjadi manusia yang semakin mempertimbangkan banyak hal dari berbagai macam perspektif. Benar begitu, bukan.

2. Kehilangan Orang yang Tersayang dan Menikah dengan Priaku

Aku bersyukur orang tuaku berkesempatan mengantarkanku ke gerbang pernikahan dan merestui pernikahanku dengan seseorang yang istimewa. Walaupun di November 2020 kemarin, Ayah sudah tak bersama kami lagi. Sedih memang, tapi kembali, manusia sejatinya hanyalah titipan dari Ilahi. Alfatihah.

Aku bersyukur mendapatkan pria yang mendukung segala impianku dan memperlakukanku sebagai ratu (ini adalah yang pertama kurasakan sejauh ini, berbeda dari hubungan terdahulu yang agak mbatin). Jika aku melihat video di timeline sosmed, dimana ada wanita yang dipakaian helm, dibukakan pintu, diberi kejutan, selalu makan bersama, menggandeng tangan, selalu cepat datang ketika dibutuhkan, dan lain hal lainnya. Ya, aku mendapatkan itu semua, sayangnya aku tidak pernah memvideokan saja, karena bukan hal untuk publik. Haha.

---

Setiap orang memiliki impian dengan timelinenya masing-masing. Aku semakin banyak belajar menghargai timeline dan pilihan orang lain, walaupun banyak pula pemikiranku juga bergesekan. Just remember one thing, kita memang harus berlaku baik tanpa perlu mengharap kembali, tapi kita tidak ada kewajiban membahagiakan setiap orang. Just it. Fokus pada timeline, karena mereka yang tidak pernah pergi adalah keluarga. Dan aku bersyukur berada di keluargaku yang sekarang :)

Satu lagi, jika mungkin kamu berada di posisi merasa belum sehebat dari lingkungan sekitarmu, yang kamu lihat di sosial media, coba sedikit menepi. Kembali mengevaluasi dan berkaca pada diri sendiri. Bisa jadi, kamu pun telah mencapai apa yang kamu inginkan, tapi kamu kurang bersyukur. Siap memulai membangun mimpi selanjutnya? Bismillah. Bekerjalah dalam diam dan perkecillah ekspektasi terhadap manusia. 

You Might Also Like

0 Comments

Terimakasih atas kunjungan dan segala apresiasinya. Silakan tinggalkan pesan di kolom komentar jika memang ada yang perlu didiskusikan ^ ^

Jika memerlukan informasi urgent, boleh sapa saya di email karena saya cukup aktif pula di sana :).

Disclaimer

Blog ini tidak merepresentasikan instansi tempat dimana penulis mengabdi, karena mayoritas konten adalah hasil kolaborasi dengan manusia-manusia baik hati :)
Blogger Perempuan