Belajar Drama Hidup di INTM Cycle 2

By Thursday, March 03, 2022

 Belajar Drama Hidup di INTM

Indonesia's Next Top Model (INTM) cycle 2 menarik perhatianku! Tampilan yang tidak hanya sekedar kompetisi para model di panggung untuk memperebutkan gelar Indonesia's Next Top Model, tapi juga turut menayangkan keseharian para model di satu rumah karantina tanpa adanya alat komunikasi.

Banyak yang bisa dipelajari olehku ketika menyimak kisah para peserta, baik saat di convention room, rumah karantina, ataupun di panggung. Btw, melihat INTM beneran "seram" karena tikam menikam antar manusia ditampilkan secara nyata. Menurutku, INTM ini adalah representasi kehidupan pertemanan di dunia nyata dimana bisa saja kita berada di lingkungan yang terlihat baik, namun nyatanya toxic, gitu. Huhu😔

Intip bagaimana peserta INTM Cycle 2 saling menyerang mental para peserta lain, yuk!

1. Penyerangan Verbal

Ada beberapa scene di INTM dimana mereka sangat terbuka ketika menyerang mental peserta lain dengan pemilihan nada bicara ataupun kosakata yang digunakan. Bahkan, dari mereka tak jarang mengkritik di depan juri ataupun peserta lain. INTM benar-benar melatih peserta agar terbuka dengan kritik, bagaimanapun kondisi mental peserta pada saat itu dan bagaimanapun latar belakang kehidupan peserta di masa lalu.

2. Membentuk Grup untuk Memusuhi Peserta Lain

Aku terkejut bahwa ada tipikal orang yang memang mengajak orang lain untuk membenci orang yang tidak disukainya. Dimana orang ini akan melakukan grouping dan menghibah seseorang untuk mencari kesalahannya yang lebih banyak. Di kehidupan nyata, mungkin hal ini bisa dilakukan secara tidak sengaja oleh manusia ketika merasa tidak suka dengan manusia lain. Tapi, menjadi otak dari suatu geng untuk memusuhi peserta lain hanya bisa dilakukan oleh orang yang punya power dan berani.

3. Mengucilkan dan Memberi Perlakukan Berbeda

Di cycle 2 tampak beberapa scene yang sempat viral, salah satunya adalah kejadian "Bubur Kacang Ijo" saat posisi tujuh besar. Singkat cerita, Audy membuatkan bubur kacang ijo untuk 3 orang temannya (Evanny, Sarah, dan Helen), tapi tidak menyiapkan porsi untuk 2 orang lainnya. Bayangkan jika berada di posisi 2 orang tersebut yang kehadirannya tidak dianggap oleh teman lainnya. Kena mental banget, gak, sih😢

Di sini, aku tidak berpihak pada Audy dan tim burjo karena akupun tidak sedang berada di set acara, serta kuyakin tayangan yang kita lihat hanyalah sebuah cuplikan. Alias kita tidak tahu kondisi sebenarnya di sana. Tapi, jujur, aku gak tega juga dengan Peace dan Jolie di scene tersebut.

4. Membicarakan Aib Orang Lain secara Tersembunyi

Ini pasti pernah dijumpai di lingkungan sosial kita, tapi aku baru menyadari bahwa manusia bisa "sejahat itu" ketika menilai orang lain. Ternyata, omongan "jahat" terlihat ketika tidak ada manusia lain yang mengetahuinya dan subjek yang diceritakan tidak sedang bersamanya. Juahat powl! Kukira pertemanan yang saling menceritakan keburukan orang lain itu sudah tidak lagi trend di jaman era modern ini, nyatanya masih ada aja, ya.

Di INTM Cycle 2 juga memberikan kita gambaran bahwa:

Dalam sebuah persaingan, akan ada yang saling menjatuhkan untuk mendapatkan gelar tertinggi. Namun, ada yang tetap menanggapinya dengan chill, berdamai dengan lingkungan, saling support, menarik diri dari konflik, ataupun beragam tanggapan lainnya. Manusia bisa memilih untuk menjadi api, air, atau bahkan memilih untuk tidak memilih.

Aku menulis ini bukan mengajarkanmu untuk mengintimidasi orang yang lebih lemah, tapi aku berharap bisa menjadi pembelajaran agar kita dapat lebih berdamai dengan manusia lain. Cukup menjalani kewajiban kepada Tuhan dan manusia dengan sebaik-baiknya saja, lah. Jika memang tidak bisa berdamai, setidaknya tidak menambah minyak dalam api.

Hidup di earth memang seperti itu. Katanya, "Tuhan menciptakan dua tangan tidak untuk menutup mulut semua orang, tapi agar dapat menutup dua telinga kita agar tetap dapat berjalan dengan baik."😂

Kalau kamu belum pernah menemui lingkungan seperti ini, maka aku rekomendasi untuk menonton INTM atau drama reality lainnya😂. Tidak untuk ditiru, tapi belajar mengetahui bagaimana manusia di hutan rimba sebenarnya.

---

Sumber gambar:

https://literasinews.pikiran-rakyat.com/gaya-hidup/pr-922945731/18-peserta-indonesia-next-top-model-intm-cycle-2-tayang-di-net-tv-nama-akun-ig-usia-dan-asal-daerah

You Might Also Like

0 Comments

Terimakasih atas kunjungan dan segala apresiasinya. Silakan tinggalkan pesan di kolom komentar jika memang ada yang perlu didiskusikan ^ ^

Jika memerlukan informasi urgent, boleh sapa saya di email karena saya cukup aktif pula di sana :).

Disclaimer

Blog ini tidak merepresentasikan instansi tempat dimana penulis mengabdi, karena mayoritas konten adalah hasil kolaborasi dengan manusia-manusia baik hati :). Penulis tidak bertanggungjawab jika terdapat tulisan mengatasnamakan penulis (alias copas) di luar blog ini dan ini.
Blogger Perempuan