Pusat Tata Surya

By Thursday, June 16, 2022

Dunia realita kembali mengajarkanku tentang makna hidup tentang menjadi manusia dengan segala kisah hidupnya. Terjatuh pada satu masa, lalu dapat kembali bangkit karena alasannya. Menjadi manusia ternyata lucu dan menyenangkan, ketika pada akhirnya kita mampu memahami segalanya dengan pikiran yang lebih lapang.

Tidak semua keinginan dan harap bisa diraih dalam satu waktu. Tidak semuanya bisa tercapai pada waktu yang diinginkan. Dan bahkan, tidak semuanya dapat tercapai. Manusia sebaik-baiknya perencana, namun seringkali lupa ada Yang Maha Sebaik-Baiknya Pemutus. Itupun tentu tak apa, kita sudah punya garisnya masing-masing.

Menyadari bahwa manusia bukanlah pusat tata surya untuk seluruh umat, yang bahagianya dapat teramat menerangi. Atau remuknya harus dapat teramat meredupkan dunia. Jadi, teranglah sewajarnya, mereduplah pada saatnya, lalu kembali terang sebagaimana mestinya. Tidak harus terburu, pakailah waktu sebagaimana kamu membutuhkannya untuk kembali terang. Setidaknya, menerangi diri sendiri.

Maafkan dirimu yang pernah menyakiti diri sendiri karena impian semua orang (pada dirimu) yang tak kunjung kamu wujudkan. Berterima kasihlah pada dirimu untuk semua usaha terbaik yang selalu coba kamu berikan terhadap hidupmu. Kamu telah melakukan banyak hal hebat selama ini, hanya saja kamu tidak mau menyadarinya.

Kalau kata temanku, "Jangan pernah terlena dengan kenikmatan dunia. Ini hanya sementara." 
 
Kadang, mencoba memaklumi banyak hal adalah cara terbaik untuk tetap membuat kita menjadi orang baik. Kita memang tidak bisa menjadi pusat tata surya bagi seluruh manusia, tapi bisa jadi kita adalah pusat tata surya bagi orang tertentu dan menjadi alasannya untuk tetap hidup. Jadi, kamu harus tetap bertahan dan berjuang, ya! Kamu, loh, hebat pol. 
 
Masih ada koma, di bawah titik, that's semicolon (;). Itu artinya, kamu masih bisa berhenti sejenak sebelum berhenti sepenuhnya.

---

Source pic: favim.com

You Might Also Like

0 Comments

Terimakasih atas kunjungan dan segala apresiasinya. Silakan tinggalkan pesan di kolom komentar jika memang ada yang perlu didiskusikan ^ ^

Jika memerlukan informasi urgent, boleh sapa saya di email karena saya cukup aktif pula di sana :).

Disclaimer

Blog ini tidak merepresentasikan instansi tempat dimana penulis mengabdi, karena mayoritas konten adalah hasil kolaborasi dengan manusia-manusia baik hati :). Penulis tidak bertanggungjawab jika terdapat tulisan mengatasnamakan penulis (alias copas) di luar blog ini dan ini.
Blogger Perempuan