Menjadi Calon Pendonor Mata di Lions Eye Bank Jakarta

By Monday, October 24, 2022 ,

Menjadi Calon Pendonor Mata di Lions Eye Bank Jakarta
Di akhir bulan September 2022 silam, akhirnya aku memutuskan untuk mendaftar sebagai calon pendonor mata melalui Yayasan Lions Eye Bank Jakarta (LEBJ). Organisasi non-profit tersebut merupakan Bank Mata yang akan mengorganisir kegiatan donor jaringan kornea mata dari pengambilan sampai pengelolaan dan pendistribusian untuk transplantasi.

 
Singkat kata, ketika calon pendonor ini telah berpulang, LEBJ akan mendatangi kediaman pendonor dan melakukan operasi mata untuk mengambil jaringan korneanya (bukan bola mata utuh). Mereka akan menyimpan dan akan mendistribusikan kepada mereka yang membutuhkan, gitu.

 

Sebagai calon pendonor, yang harus dipastikan sebelum melakukan pendaftaran adalah adanya persetujuan keluarga pendonor. Kalaupun memang tidak mendapat persetujuan, kamu juga masih bisa berpartisipasi dalam gerakan #EyesSaidYes lainnya, seperti membeli souvenir LEBJ atau menjadi donatur. Kamu bisa mendapatkan informasi lengkap kegiatannya melalui website LEBJ, ygy.
 
Fyi, pada tahun 2018, jumlah penduduk Indonesia tercatat mencapai 265 juta jiwa. Diproyeksikan dari data tersebut, maka kurang lebih sebanyak 265 ribu orang menderita kebutaan kornea di Indonesia (source: LEBJ website).


Informasi di atas, tentu menjawab mengapa gerakan #EyesSaidYes disambut dengan tangan terbuka oleh pendonor yang bergabung. Langkah ini diharapkan bisa mempermudah calon penerima untuk menerima bantuan kornea lebih cepat karena sudah ada database pendonor.

Lalu, apa saja yang dilakukan di awal pendaftaran?👀
 

1. Mengisi Link Calon Pendonor

Kamu bisa mengisi link pendaftaran di sini. Pengisian datanya cukup mudah dimengerti dan dipenuhi. Bisa diakses melalui platform manapun karena menggunakan google form yang notabenenya user friendly. Setelah mengisi, tinggal menunggu konfirmasi lanjutan untuk verifikasi data calon pendonor.
 

2. Konfirmasi Alamat Calon Pendonor oleh Customer Services

Selang berapa waktu, di tanggal 21 September 2022, cs LEBJ menghubungiku melalui whatsapp untuk konfirmasi alamat pengiriman starter kit yang berisi sticker, greeting card, dan flyer tentang alur pendonoran mata. Pengiriman starter kit ini dikenakan biaya Rp 35.000 dan bisa dilakukan permintaan pengiriman ulang jikalau kita ganti ktp.
 

3. Starter Kit Diterima

Tanggal 23 September 2022, aku sudah menerima starter kit dan resmi menjadi calon pendonor mata. Sticker yang berisi kontak LEBJ ini adalah bukti keikutsertaan kita sebagai pendonor mata di LEBJ dan harus ditempel di ktp calon pendonor mata (ilustrasi terlampir di gambar judul). Penempelannya disarankan tidak menutupi pita hologram agar tidak merusak bukti otentikasi ktp.
 
Reminder: Jangan lupa untuk membaca tata cara yang harus dilakukan ketika sudah menjadi calon pendonor kornea mata, ya. Dan pastikan keluarga terdekat juga mengetahui hal tersebut.

... 

 
Jadi, gimana, kamu sudah mulai terpikir untuk menjadi salah satu calon pendonor mata? Yuk, menjadi jendela harapan untuk 1 dari 1000 orang di Indonesia yang mengalami kebutaan akibat kerusakan kornea. Kamu bisa mencari tahu lebih banyak tentang LEBJ melalui link ini: biolinky.co/lebj #EyesSaidYes.

Apa yang bisa kamu baca di website LEBJ? Pengenalan singkat tentang LEBJ, alasan pentingnya pendonoran mata, hukum agama pendonor jaringan kornea, proses pendonoran mata, link donasi, dll. Don’t hesitate to hit there!

You Might Also Like

0 Comments

Terimakasih atas kunjungan dan segala apresiasinya. Silakan tinggalkan pesan di kolom komentar jika memang ada yang perlu didiskusikan ^ ^

Jika memerlukan informasi urgent, boleh sapa saya di email karena saya cukup aktif pula di sana :).

Disclaimer

Blog ini tidak merepresentasikan instansi tempat dimana penulis mengabdi, karena mayoritas konten adalah hasil kolaborasi dengan manusia-manusia baik hati :). Penulis tidak bertanggungjawab jika terdapat tulisan mengatasnamakan penulis (alias copas) di luar blog ini dan ini.
Blogger Perempuan